Coklat Ternyata Bisa Obati Batuk dan Cegah Kanker

Coklat (net)
Coklat (net)

SIAPA sih yang bisa menolak manisnya cokelat? Ya, cokelat memang sudah menjadi cemilan favorit bagi sebagian besar orang.

Tak hanya enak untuk dikonsumsi dan bisa membangkitkan mood menjadi lebih baik, cokelat memiliki beragam manfaat terutama untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi cokelat untuk kesehatan? Berikut uraiannya, seperti dilansir Standard, Kamis (12/10).

Mengobati batuk
Ya, siapa sangka cokelat bisa mengobati masalah batuk kering. Salah satu komponen kimia di dalam cokelat, Theobromin terbukti bisa mengurangi aktivitas saraf vagus, bagian dari otak yang memicu batuk.

Memperkuat otak
Para peneliti di Universitas Johns Hopkins University mengemukakan bdark chocolate bisa melindungi sel-sel otak. Senyawa epicatechin yang terdapat pada cokelat bisa mengurangi kerusakan otak dan melindunginya dari kerusakan akibat stroke.

Bermanfaat untuk tulang
Suka mengonsumsi cokelat putih? Nah, dari sebatang cokelat putih seberat 50 gram, bisa menyumbang seperenam kebutuhan kalsium harian. Inilah yang membuat cokelat bermanfaat untuk tulang.

Bisa menurunkan tekanan darah
Studi terbaru menunjukkan kandungan flavanol pada cokelat dan kakao bisa menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek. Flavanol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang terdapat dalam biji cokelat, membantu produksi nitric oxide, yang menstimulasi pembuluh darah untuk membesar.

Mencegah kanker
Kakao mengandung pentameric procyanidin atau pentamer, senyawa yang dapat mencegah sel kanker menyebar. Para peneliri Lombardi Comprehensive Cancer Center di Georgetown University pernah melakukan studi perawatan menggunakan pentamer. Hasilnya, protein yang dibutuhkan kanker untuk tumbuh mampu dihambat dan sel berhenti membelah diri. (aci)

agregasi okezone1