CSR PT RAPP, Maju Bersama Warga

Bupati Pelalawan, HM Harris (kiri) menyerahkan penghargaan kepada WLS Manajer PT RAPP, Matius. Perusahaan itu dinilai memiliki konsep dan realisasi CSR terbaik untuk kawasan tersebut (ist)
Bupati Pelalawan, HM Harris (kiri) menyerahkan penghargaan kepada WLS Manajer PT RAPP, Matius. Perusahaan itu dinilai memiliki konsep dan realisasi CSR terbaik untuk kawasan tersebut (ist)

PEKANBARU – Tanggung jawab sosial perusahaan atau dikenal dengan istilah Corporate Social Resposibility (CSR), masih menjadi salah satu pelapis dalam upaya pemerintah daerah membangun kawasan.

Belakangan, menurunnya dana Bagi Hasil (DBH) Migas di Provinsi Riau memposisikan ‘kepedulian’ tersebut sedemikian ditunggu. Dalam beberapa kesempatan, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menekankan sinergitas dalam menggalang perubahan. Ia meminta peran perusahaan untuk bersama membangun perubahan tersebut terutama dengan pemberdayaan masyarakat tempatan.

Salah satu perusahaan yang disebut-sebut sedemikian konsisten dalam mengedepankan fungsi CSR adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Perusahaan milik Sukanto Tanoto ini tak hanya telah membuka kesempatan kerja bagi ribuan warga, namun lebih jauh telah membuka kantong-kantong perekonomian baru.

Program CSR perusahaan menyasar ragam lapisan masyarakat terutama di bidang peningkatan kesejahteraan penduduk. Di Kabupaten Pelalawan misalnya, pemerintah setempat menjadikan Program CSR PT RAPP sebagai yang terbaik. Terakhir, Bupati Pelalawan M. Harris memberikan apresiasi serupa kepada pihak perusahaan.

“Kita sangat berterima kasih atas peran perusahaan yang telah membantu pembangunan daerah. Penghargaan ini sekaligus apreasiasi atas peran perusahaan dalam meningkatkan taraf hidup warga,” ujar M Harris dalam acara Musrenbang di Pangkalan Kerinci.

Direktur PT RAPP, Rudi Fajar mengatakan, perusahaan memang telah berkomitmen dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan pengentasan kemiskinan. Ia menyebutkan secara umum perusahaan memiliki perhatian khusus di sejumlah bidang semisal membangun sistem pertanian terpadu, beasiswa, bantuan Usaha Kecil Menengah (UKM), kesehatan, keagamaan, infrastruktur dan kesukarelawanan sosial.

Disebutkan perusahaan tersebut bertolak pada filosofi 4C masing-masing community (baik untuk masyarakat), country (baik untuk negara atau daerah), company (baik untuk perusahaan) dan climate (baik untuk iklim atau lingkungan).

“Perusahaan menerima ragam apreasiasi atas komitmen tersebut. Hal yang membuat kita selalu berpikir dan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kepedulian. Konsistensi dalam menjalankan program CSR sangat penting sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan warga dan pemerintah. Perusahaan RAPP merupakan bagian dari masyarakat. Ia tumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” ujarnya. (*)