Cuaca Panas Bikin Sulit Tidur

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

CUACA di musim panas bisa memicu terjadinya penyakit. Suhu yang tinggi bukan hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Panas bisa mengacaukan tubuh Anda dengan segala cara licik.

Dilansir dari TIME, Senin (8/7/2017), inilah akibat yang ditimbulkan oleh suhu musim panas terhadap tubuh Anda;

Bersin

Suhu yang tinggi bisa membuat orang yang memiliki alergi ringan menjadi bersin-bersin. Sebab pada musim panas, jumlah debu yang ada di udara mengalami peningkatan.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah menutup jendela di rumah agar tidak banyak debu yang masuk.

Sulit tidur

Suhu tinggi di musim panas juga berpengaruh di malam hari.  Saat merasa kepanasan di malam hari, Anda cenderung sulit tidur sehingga memutuskan untuk menurunkan suhu AC. Namun tidak berapa lama, Anda akan menggigil karena merasa kedinginan. Hal ini tentunya membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman karena tindakan yang dilakukan seolah serba salah.

Jantung berdetak lebih cepat

Suhu yang tinggi tentunya tidak menghalangi Anda untuk berolahraga. Namun temperatur yang tinggi membuat Anda lebih mudah berkeringat terlebih saat melakukan olahraga kardio yang memicu jantung berdetak lebih cepat.

Selain itu, menurut asisten profesor klinis di Columbia University’s Mailman School of Public Health, Dr Kim Knowlton, saat musim panas jantung berdetak lebih cepat karena itu adalah salah satu cara tubuh untuk membuat tubuh tetap dingin selama musim panas.

Saat musim panas, jantung akan memompa darah lebih banyak dari biasanya.

Banyak gigitan nyamuk

Nyamuk memang akan lebih banyak muncul saat musim hujan. Namun gigitan nyamuk di musim panas lebih terasa menyakitkan. Nyamuk di musim panas lebih banyak muncul di malam hari, terutama di luar rumah. Padahal cuaca yang panas membuat Anda ingin berada di luar rumah agar tidak kegerahan. (aci)

agregasi okezone1