Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Padang » Data Penerima BSM Harus Akurat

Data Penerima BSM Harus Akurat

(44 Views) July 30, 2013 8:10 am | Published by | No comment

PADANG — (bambang sulistiyo, Wartawan Muda) — Kota Padang menerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebesar Rp30,643 miliar untuk 43.777 siswa. Masing-masing siswa mendapat Rp700 ribu. Ketua Komisi IV DPRD Azwar Siry meminta agar data siswa miskin yang ada pada Dinas Pendidikan (Disdik), harus akurat dan dikaji ulang.

Data tersebut, katanya, haruslah teruji kebenarannya. Jika telah dikaji ulang, namun jika ternyata data yang ada melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah pusat, maka harus ada solusi akan hal itu.
“Kuota yang dibayarkan pusat hanya untuk 43.777 siswa. Namun kalau ternyata jumlah rilnya berlebih, maka harus dicarikan jalan keluarnya. Kalau daerah lain saya dengar, kekurangan ditambah dari APBD. Ini perlu kajian yang lebih mendalam,” kata Azwar Siry, Senin (29/7).
Ia berharap, Disdik harus serius dalam pengkajian ulang data penerima BSM ini. Jangan sampai ada yang tertinggal. Jika ada yang tertinggal satu atau dua saja, maka nantinya akan banyak data yang masuk setelah itu. Sebelum diumumkan harus ada pengkajian dengan tim terpadu.
Selanjutnya, pendataan harus dilakukan secepat mung kin. Pasalnya, BSM berkaitan dengan pendidikan anak. Jika anak terlalu lama menunggu maka akan terganggu pendidikannya. “Intinya, dalam pendataan adalah bagaimana data itu cermat dan tepat serta bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.
Ia mengimbau agar Disdik harus serius dalam mengelola dana BSM ini. Kelemahan pada data penerima Bantuan Langsung Sosial Masyarakat (BLSM) lalu, adalah sistem data yang ada pada statistik. Data statistik itu, kebenaran belum dikaji ulang.
Dikatakan, BSM ini sebenarnya tidak fokus peningkatan mutu. Namun lebih pada kelangsungan pendidikan anak. Fokusnya adalah agar anak tidak berhenti sekolah akibat kenaikan BBM yang berimbas pada kehidupan perekonomian keluarga. Tunjangan Rp700 ribu diperuntukkan guna pemenuhan kebutuhan pendidikan anak seperti buku dan pakaian.
BSM, tentunya sangat berkorelasi dengan drop out (DO). Jadi, anak dapat BSM, sehingga bisa terus bersekolah dan tidak ada ancaman DO karena tidak mampu. Untuk posko anti DO, memang perlu dikaji, pula, kenapa si anak bisa DO. Pasalnya faktor DO bukan hanya karna uang saja. Banyak faktor yang berpengaruh, salah satu biaya.
“Kita berharap posko anti DO yang dicanangkan jangan hanya retrorika saja. Harus ada pengkajian maksmal dengan perbandingan kondisi ril di lapangan,” paparnya.
Pihaknya dari DPRD utamanya komisi IV akan melakukan pengawasan sesuai tupoksi. Pengamatan ke lapangan akan dilakukan sesuai data dari Disdik.
“Saya harap data penerima BSM memang akurat. Data akurat ini dipegang dan kita beranjak dari data itu untuk ke lapangan. Selain itu, kita berharap ketika anak masih ada hutang di sekolah, seki ranya ketika menerima BSM, jangan ada upaya mengurangi hak anak. Utang masa lalu jangan dikaitkan dengan BSM ini. Karena kondisi pasca kenaikan BBM, harga menjadi bergejolak,” katanya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Padang Indang Dewata menjelaskan, kalau Padang termasuk penerima BSM yang banyak. Jumlah tersebut terdiri atas SD 23. 817, SMP 9.541, SMA 4.168, dan SMK 6.251. Jika dikalikan Rp700 ribu, siswa di Kota Padang akan menerima dana mencapai Rp30,643 miliar.
Indang menambahkan, setelah mendapatkan kuota pasti dari pemerintah pusat, Dinas Pendidikan Padang langsung melakukan validasi data. “Kita tengah meminta data ke setiap sekolah, berapa jumlah siswa miskin di masing-masing sekolah,” katanya.
Direncanakan, pada akhir Agustus ini pendataan secara keseluruhan selesai dilakukan, sehingga di awal September, dana dari pemerintah pusat ini bisa disalurkan ke masing-masing siswa. Pencairan dana ini langsung diberikan ke rekening siswa. Disdik tidak memegang atau menyimpan uang tersebut. (*)

Categorised in:

No comment for Data Penerima BSM Harus Akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>