Datangi Sejumlah TPS, Bupati Sutan Riska Pantau Pelaksanaan Pilwana

Bupati Sutan Riska saat meninjau salah satu TPS. (hanif)
Bupati Sutan Riska saat meninjau salah satu TPS. (hanif)

PULAU PUNJUNG – Antusiasme masyarakat dalam berpartisipasi pada pemilihan walinagari (Pilwana) serentak cukup tinggi. Keramaian di tempat pemungutan suara (TPS) di sejumlah lokasi cukup tinggi. Bahkan salah satu TPS di Nagari Ampang Kuranji, Kecamatan Koto Baru, dari sekitar 200 daftar pemilih tetap (DPT), sudah 50 persen yang memberikan hak suaranya.

“Sudah 107 orang memilih Pak Bupati,” kata seorang petugas kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat meninjau sejumlah TPS di nagari yang punya dinamika politik tercepat di Dharmasraya ini.

Sutan Riska ber sama Ketua DPRD H. Masrul Maas, Wakil Ketua DPRD Sutarmanto Budi Sanjoyo, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Irsyad, Kabag Humas dan Protokol Budi Waluyo, Kabag Tapem Asril, Kabag Hukum dan Organisasi Masheri Yanda Boy dan para petugas melakukan minitoring dan pemantauan di sejumlah nagari dalam Kecamatan Pulau Punjung, Koto Baru dan Koto Salak.

Dari sejumlah TPS yang dipantau, terlihat partisipasi masyarakat yang tinggi. Sudah hampir merata menjelang pukul sepuluh pagi, sudah 50 persen pemilih menggunakan hak mereka.

Bupati turut gembira dengan kondisi itu. Apalagi kondisi keamanan yang sangat kondusif sangat berarti bagi suksesnya Pilwana serentak dan terbesar di Sumbar.

TPS di seluruh nagari yang menggelar Pilwana dibuka pada pukul 07.00 WIB. Sejak dari buka saja warga sudah antre.

Di Muaro Momong, Nagari Sungai Kambut masyarakat sejak pagi sudah menyambangi TPS. Di Nagari Sungai Dareh juga demikian, ratusan warga memadati TPS samping kantor walinagari.

Di Nagari Koto Baru, TPS Jalan Asoy dan Seberang Piruko juga sudah dipadati pemilih. Di Nagari Koto Salak yang salah satu TPS berada di Pasar Ampalu juga ramai dan sudah lebih 50 persen penduduk memilih.

Sutan Riska memerintahkan kepada semua camat, agar memberi laporan hasil pemilihan pada hari ini juga. Bupati termuda Indonesia itu membuka line WA 24 jam khusus untuk menerima laporan hasil Pilwana dari kecamatan.

“Tolong para camat laporkan hasil Pilwana melalui aplikasi WA. Termasuk jika ada permasalahan. Jangan sampai ada camat yang tidak tahu kejadian di wilayahnya,” kata Bupati. (Hanif)