Debut Manis Southgate, Inggris Menang

Gareth Southgate. (okezone)
Gareth Southgate. (okezone)

LONDON – Interim manager Gareth Southgate sukses membawa Inggris menang atas atas Malta 2-0 di Stadion Wembley, Sabtu (8/10/2016) malam WIB dalam laga pertamanya setelah ditunjuk menggantikan Sam Allardyce.

Inggris memang bisa dibilang menang mudah atas Malta, yang memang merupakan tim gurem di Eropa. Dua gol tuan rumah seluruhnya tercipta di babak pertama lewat Daniel Sturridge dan Dele Alli. Setelah itu, di babak kedua Three Lions pun seperti main ‘ogah-ogahan’ dengan menurunkan tempo karena memang kemenangan bisa dibilang sudag bisa dipastikan.

Tambahan tiga poin ini pun memastikan Inggris menguasai puncak klasemen sementara Grup F babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa dengan poin maksimal dari dua laga.

Sejak kick-off , dominasi Inggris memang sangat kentara. Bahkan, tak terlalu berlebihan jika dikatakan permainan berjalan setengah lapangan menyusul parkir bus yang diterapkan Malta dengan menempatkan lima pemain belakang dan empat gelandang dalam patron 5-4-1.

Tekanan Inggris akhirnya membuahkan hasil di menit 28. Crossing brilian Jordan Henderson ke kotak penalti diselesaikan tandukan ciamik Sturridge. Skor 1-0.

Inggris terus menekan dan menekan. Di menit 34, lagi-lagi kiper Hogg membuat penyelamatan. Kali ini dari sundulan Lingard yang meneruskan crossing Sturridge.

Empat menit berselang, Inggris akhirnya berhasil menambah keunggulan melalui gol Alli. Menerima umpan dari Henderson, sepakan Alli dari dalam kotak 16 Malta dapat ditepis Hogg. Bola muntah segera disambar Alli sendiri yang bergerak lebih cepat ketimbang bek Malta. Skor 2-0 untuk Inggris bertahan sampai half-time.

Di babak kedua, tak ada perubahan signifikan. Para pemain Malta masih belum mampu untuk mengimbangi permainan tim asuhan Southgate. Mereka pun masih bermain super defensif.

Hingga interval ketiga saja, Malta masih belum bisa mencatatkan tembakan. Mereka hanya bertahan demi menghindari kekalahan besar dari Inggris. Permainan negatif ini memang menyulitkan Inggris untuk menggandakan keunggulan.

Para pemain seperti Sturridge, Rooney, Lingard, Theo Walcott, serta pemain pengganti macam Jamie Vardy dan Marcus Rashford terus berupaya membongkar pertahanan Malta. Akan tetapi, berbagai percobaan yang dilancarkan belum bisa memberikan gol tambahan bagi Inggris. Three Lions pun harus puas dengan kemenangan 2-0 atas sang tamu.

Selanjutnya, Inggris akan berhadapan dengan Slovenia. Laga tersebut akan digelar di Stadion Stozice pada Rabu 12 Oktober 2016 dini hari WIB. (aci)

agregasi okezone1