Delapan Manajer Liga Inggris Dituduh Terima Suap

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

MANCHESTER – Delapan mantan manajer dan manajer Liga Inggris (Premier League) dituduh menerima suap selama berlangsung proses negosiasi dari transfer pemain.

Harian The Daily Telegraph mempublikasikan rincian percakapan antara sejumlah agen sepakbola dengan sejumlah wartawan yang menyamar sebagai manajer sepakbola, yang bersedia dibayar berkaitan dengan proses penandatanganan transfer pemain.

Investigasi itu juga mengklaim bahwa dua manajer Championship bersedia menerima pembayaran uang muka dari para agen, sebagaimana dikutip dari laman International Business Times. Hanya saja laporan itu tidak menyebutkan nama-nama manajer itu.

Satu agen pemain mengklaim bahwa “uang pelicin” dalam proses transfer pemain telah mewabah dalam sepakbola Inggris. Mereka tidak sungkan untuk melakukan negosiasi “di bawah meja”.

Agen lain melukiskan bahwa seorang manajer sudah “sangat terbiasa” dengan proses seperti itu, sementara agen lain menyebutkan, “Ada satu hal yang senantiasa perlu diketahui bahwa para manajer itu menunjukkan sikap rakus.”

Pino Pagliara, seorang agen tidak berlisensi dari sepakbola Italia, kini menjadi pusat tuduhan. Ia kemudian menjelaskan mengenai adanya percakapan itu yang melibatkan sejumlah wartawan.

Sang manajer menjawab pertanyaan dari wartawan itu seputar “secangkir kopi” selama pembicaraan mengenai transfer pemain.

Pagliara mengatakan, “Kami tahu dia dengan sangat, sangat baik. Kami melakukan transfer (dengan nama klub) kemudian kami menyebutkan bahwa saya ingin merekrut pemain ini. Nah, disanalah ada secangkir kopi untuk saya. Saya akan bernegosiasi mengenai kopi itu juga.”

Ia menyebutkan bahwa para manajer itu menggunakan sejumlah rekening yang berbeda untuk menyamarkan proses pembayaran.

Ketika seorang manajer itu menjawab pertanyaan soal itu, ia kemudian mengatakan, “(tuduhan) itu seluruhnya keliru”.(aci)

sumber:antara