Derby Sumatera Jadi Laga Adu Ketajaman Dua Bomber Brasil

Pelatih Sriwijaya FC Widodo (baju kuning).(ist)
Pelatih Sriwijaya FC Widodo (baju kuning).(ist)

PADANG – Laga derby Sumatera jilid II di Torabika Soccer Championship (TSC), Jumat (4/11) malam antara Sriwijaya FC (SFC) kontra Semen Padang FC (SPFC) di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang diprediksi seru.

Laga big match pada Pekan 27 ini menjadi pertarungan adu ketajaman dua bomber asal Brasil. Skuad tuan rumah yang dilatih Widodo Cahyono Putro akan mengandalkan Alberto Goncalves, sedangkan di tim tamu dengan juru latih Nilmaizar, nama Marcel Silva Sacramento kembali menjadi pilihan utama dalam mencetak gol.

Dari barisan pencetak gol terbanyak hingga Pekan 26, nama Marcel Sacramento masih diurutan teratas dengan torehan 16 gol sedangkan Alberto Goncalves baru mencetak 14 gol menempati barisan keempat top skor sementara bersama Rodrigues Aracil Pablo striker Madura United yang berpaspor Spanyol.

Pada duel Kabau Sirah versus Laskar Wong Kito, dua juru taktik tentu sudah menyiapkan skema permainannya. Kedua kubu di laga terakhir sama-sama terluka. Anak asuh Widodo menyerah 1-0 di Stadion Mandala Jayapura kandang Persipura pada 30 Oktober lalu sedangkan pasukan Nilmaizar dihempaskan Arema Cronus 1-3 di Stadion Agus Salim 28 Oktober lalu, yang juga merupakan kekalahan pertama Hengki Ardilles cs di markas sendiri.

Kekalahan menyakitkan itu sudah dilupakan Hengki Ardiles cs. Bahkan bisa menjadi ajang kebangkitan Hengki Ardiles cs saat melawan Supardi dkk. Adu strategi duo pelatih sama-sama mantan pemain Timnas Indonesia itu bakal diuji.

Pakem 4-4-2 yang menjadi trend Nilmaizar berkumungkinan besar kembali diusung. Kabar bergabungnya kiper utama Jandia Eka Putra tentu berpengaruh positif. Namun apakah kiper putra asal Lubuk Buaya, Padang ini bisa diturunkan masih fifty-fifty tergantung melihat kondisi terakhirnya. Bila Jandia tidak bisa dipasang maka pilihan Nil jatuh kepada penjaga gawang muda, Rendy Oscario.

Lalu, empat pemain belakang tidak banyak perubahan. Duet tembok tengah ada Cassio Fransisco de Jesus dengan Handi Ramdhan yang kembali mendapat kepercayaan Nil. Bek kiri ada Novan Setya Sasongko dan kanan ada ‘il-capitano’ Hengki Ardiles. Lini tengah ditempati kuartet Riko Simanjuntak, Muamer Svraka, Rudi dan Irsyad Maulana sementara sektor depan bakal di isi Lee Gil Hoon dan Marcel Sacramento.

Pakem ini diusung Nil dengan harapan setidaknya bisa mencuri angka di Palembang. Target utama tentu kemenangan.

Bagaimana strategi Widodo? Kala dijamu Persipura pekan lalu, Widodo meminggirkan Alberto Goncalves. Bahkan dalam tur Papua itu nama Beto -sapaan Alberto Gonzalves- tidak ada dalam starting line up. Bisa jadi, Beto terkena larangan tampil, cedera atau pun bisa salah satu strategi menyimpan tenaga Beto guna menghadapi pasukan Nilmaizar malam ini.

Widodo memiliki skema 4-3-3. Komposisi pemainnya untuk kiper nama Teja Paku Alam tetap jadi pilihan utama. Empat pemain belakang saat versus Persipura memainkan Wildansyah di bek kanan, Supardi Nasir bersama Achmad Jufriyanto duet bek tengah dan Ngurah Wahyu Trisnajaya sektor bek kiri. Tiga pemain diposisi sentral M. Ridwan, Firman Utina dan Hafit Ibrahim dan trio penyerang ada nama Hilton Moreira, Alberto Goncalves dan Airlangga Sucipto. Barisan skuat Widodo di semua lini potensi pemainnya cukup bagus alias memiliki stok banyak dan berpengalaman. Hanya satu nama yang tidak boleh tampil yakni Yu Hyun-koo akibat akumulasi kartu kuning.

Bagi, Widodo menjamu pasukan Nilmaizar ini menjadi ajang balas dendam pula. Pada leg pertama lalu di Padang, Widodo kalah 2-1 atas Nilmaizar.

Derby Sumatera jilid II TSC akan dipimpin wasit Musthofa Umarella yang disiarkan langsung pukul 21.30 WIB Jumat (4/11) malam. (dede)