Dewan Berang, Separuh Anggaran BPBD Sumbar 2017 untuk Biaya Aparatur

BPBD (net)
BPBD (net)

PADANG – Separuh anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar 2017 habis untuk biaya aparatur. DPRD Sumbar berang.

Pada Rancangan-APBD (R-APBD) 2017 rencananya BPBD akan mendapatkan total anggaran Rp5,2 miliar. Namun saat ini masih dalam pembahasan. Rencananya APBD akan disahkan pada 25 November mendatang.

“Ini bagaimana? BPBD mengeluh banyak program penting yang kekurangan biaya. Tapi kami lihat malah banyak anggaran untuk program tak penting. Separuh anggaran malah habis untuk biaya aparatur?” ujar Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Rafdinal saat rapat bersama BPBD dan beberapa dinas lainnya, Selasa (15/11).

Rafdinal mengatakan banyak anggaran yang tak perlu seperti rapat koordinasi dan seminar.  Nilainya sampai ratusan juta. Bahkan ada pula honor untuk bagian pengelola keuangan.

Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria mengatakan siap memangkas anggaran seminar dan rapat koordinasi.

Dia menjelaskan memang banyak anggaran BPDB habis untuk belanja aparatur, yakni lebih dari 40 persen total anggaran. Tapi, menurut dia, itu memang perlu karena di dalamnya ada anggaran untuk biaya listrik, operasional kendaraan dan sebagainya.  (titi)