Diet Berhasil, Sebaiknya Hindari Makan-Minum Ini

AGAR diet Anda tidak sia-sia, sebaiknya singkirkan jauh-jauh makanan dan minuman berikut ini! Berikut ini penjelasan lengkap dari dr. Nadia Octavia. Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan hampir semua orang, baik pria maupun wanita.

Untuk mendapatkannya, memerhatikan konsumsi makanan dan minuman adalah hal penting. Nah, agar diet Anda tidak sia-sia, sebaiknya singkirkan jauh makanan dan minuman berikut ini!

Soda dan minuman manis

Walaupun terlihat tak seberapa, nyatanya minuman bersoda mengandung kalori yang tinggi tanpa diimbangi kadar gizi yang seimbang. Selain itu, minuman manis kalengan juga sebaiknya dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi. Untuk itu, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu label kandungan gizi pada minuman yang hendak dikonsumsi.

 Serealia tinggi gula

Lupakan saja serealia yang tinggi gula namun rendah serat. Pasalnya, serealia seperti ini tidak akan membuat Anda kenyang. Ini justru akan meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika ingin makan serealia, pilihlah yang terbuat dari gandum dengan kandungan gula yang rendah.

Keripik kentang

Tak hanya kadar lemak dan garamnya yang tinggi, keripik kentang juga mengandung kalori yang tinggi. Sebagai gambaran, 1 kantong keripik kentang berukuran sedang dapat mengandung 150-200 kalori. Ini sama saja dengan Anda makan 1 mangkuk nasi. Sungguh mengejutkan, bukan?

Popcorn

Tak hanya menyumbang lemak jenuh, popcorn yang berlumuran mentega juga menyumbang lemak trans yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Di samping itu, satu cangkir popcorn dapat memberikan ekstra 300 mg sodium untuk Anda. • Biskuit dan kue Sulit rasanya jika saat makan biskuit hanya 1 suap saja. Anda pasti ingin makan lagi dan lagi. Terlebih jika biskuit atau kue tersebut adalah favorit Anda. Waspadalah, karena selain kaya akan lemak jenuh dan lemak trans, biskuit dan kue juga umumnya mengandung kadar gula yang tinggi.

Gorengan

Tahu goreng, pisang goreng, singkong goreng, atau apa pun yang dijual di tukang gorengan memang terasa lezat. Tetapi jika Anda ingin memiliki tubuh ideal dan sehat, sebaiknya lupakan saja gorengan kesukaan Anda. Sebab gorengan memiliki kadar lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi –yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, darah tinggi, diabetes, kolesterol, serta stroke. Bonus lainnya? Timbangan yang melonjak!

 Mi instan

Bagi Anda yang suka lapar tengah malam, malas atau tidak bisa memasak, mi instan tentu menjadi jawabannya. Anda tentu sudah mengetahui bahwa mi instan mengandung kalori serta sodium atau garam yang tinggi. Kandungan kalori yang tinggi tersebut sayangnya tidak disertai pula dengan kadar gizi yang seimbang. Jadi, selain kurang baik bagi kesehatan, mi instan juga akan merusak diet Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. (rahmat)

agregasi okezone1