Dinas Pertanian Bukittinggi Latih Panitia Kurban

Unsur kepanitiaan kurban masjid-mesjid dan mushalla di Kota Bukittinggi mengikuti pelatihan teknis penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan. (ist)
Unsur kepanitiaan kurban masjid dan mushalla di Kota Bukittinggi mengikuti pelatihan teknis penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan. (ist)

BUKITTINGGI –Dinas Pertanian dan Pangan telah menyiapkan beberapa langkah konkret dalam pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban di Bukittinggi untuk Idul Adha 1438 H. Selain pelatihan teknis bagi panitia kurban, dibentuk tim medis veteriner untuk memeriksa dan mengawasi hewan kurban di masjid-masjid dan mushalla.

Pelatihan dilaksanakan 8-10 Agustus bagi wakil-wakil dari kepanitiaan kurban di masjid dan mushalla.

“Mereka kita beri pemahaman perihal teknis dan juga kesehatan hewan yang bakal disemblih untuk kurban,” papar Melwizardi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi dalam keterangan, Rabu (9/8). Pengawasan itu penting, karenanya juga dilakukan mencakup tempat-tempat penampungan hewan yang ditentukan oleh panitia. Selain ternak, kondisi daging hewan kurban itu juga dipantau dan diawasi, terutama untuk mengantisipasi hewan kurban yang dicurigai mengandung penyakit. (imam)