DPD RI Minta Relokasi Pedagang Pasar Ateh Dimusyawarahkan

 Salah satu korban kebakaran Pasar Atas Bukittinggi, H. Adlis menyambut Anggota DPD Leonardy Harmainy. (zulfadli)

Salah satu korban kebakaran Pasar Atas Bukittinggi, H. Adlis menyambut Anggota DPD Leonardy Harmainy. (zulfadli)

PADANG – Relokasi pedagang Pasar Ateh Bukittinggi kini menjadi sorotan. Belum ada titik temu antara pedagang dan pemerintah kota (Pemko). Pedagang berkeras, lokasi penampungan berada di Jalan Minangkabau. Sementara pemko ingin memindahkan mereka ke Jalan A. Yani, Perintis Kemerdekaan dan sejumlah lokasi lainnya.

Kondisi ini yang ingin ditinjau anggota DPD RI Leonardy Harmainy. Bersama Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Trismon dan Ketua Kadin Bukittinggi Sadri MK, Kelompok Pedagang Yulius Rustam, Leonardy meninjau pasar, berinteraksi dengan pedagang dan datang  ke tenda posko bantuan di depan Jam Gadang.

“Pemko seharusnya memperhatikan aspirasi warganya yang menjadi korban bencana. Semuanya, baik yang tokonya terbakar maupun pedagang kaki lima terdampak bencana itu.Pedagang pun hendaknya mau mendengarkan pertimbangan pemerintahnya,” ujarnya saat berdialog dengan perwakilan pedagang pasar ateh Bukittinggi (P4B), Senin (6/11/2017).

Leo pun tak menampik pertimbangan pemko untuk tetap mempertahankan wajah kota. Citra kota wisata jadi pertaruhan. Di sinilah perlunya pemko memberi jaminan pasar dibangun dengan memperhatikan kepentingan semuanya, dan tetap mempertahankannya sebagai pasar rakyat.

Trismon menyebutkan kedatangan Leonardy membuka pemikiran dalam mengatasi dan mencarikan solusi permasalahan pasca terbakarnya Pasar Ateh Bukittinggi.

Keberadaannya sebagai anggota DPD cukup signifikan dalam mendesak pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan pasar tersebut.

“Kita tak bakalan sanggup membangunnya dalam waktu cepat jika menggunakan APBD Bukittinggi. Kita berharap Bang Leo dan kawan-kawan di DPD, DPR/MPR bisa mendorong dan menggawangi aspirasi korban bencana di pemerintah pusat,” ujarnya.

Tim yang diketuai Yulius Rustam ini dipercaya pedagang untuk mencarikan solusi terbaik. (zul)