DPRD Dukung Pelaksanaan Mubes Gebu Minang

Hendra Irwan Rahim. (*)
Hendra Irwan Rahim. (*)

PADANG – Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim tegaskan memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan musyarawarah besar (Mubes) Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang, yang akan diadakan di Padang.

Dia berharap organisasi masyarakat itu bisa melahirkan pengurus-pengurus baru untuk membawa Sumatera Barat makin maju dan sejahtera.

“Kita mendukung penuh. Masyarakat rantau tentunya mempunyai tanggungjawab terhadap kemajuan kampung halaman,” ujar Hendra, Selasa (29/11).

Hendra sangat berharap pengurus yang akan lahir pada mubes nanti siap berdedikasi untuk Minangkabau ataupun Indonesia secara lebih luas. Gebu Minang harus membuat gebrakan dengan program-program baru yang lebih inovatif, guna membangun Sumbar baik secara fisik ataupun mental.

Yang perlu menjadi perhatian utama menurut Hendra, organisasi rantau dan sejenisnya mesti memikirkan kondisi masyarakat di Ranah Minang. Perhatian tersebut dapat diwujudkan dengan menjaga kelestarian adat budaya Minang.

“Saat ini banyak anak-anak Minangkabau yang kesulitan mendapatkan perkerjaan di kampung halamanya sendiri. Ini perlu dipkirkan bagaimana agar Gebu Minang bisa mendorong dalam bentuk program nyata,” ujarnya.

Ketua Gebu Minang, Hermansyah Yamin mengatakan rencananya Mubes dihelat pada 23-25 Desember. Acara itu  sejalan dengan peringatan hari jadi ke 27organisasi tersebut. (titi)