Dua Bapaslon Wako dan Wawako Padang Dinyatakan Sehat

KPU (net)

PADANG – Dua pasang calon walikota dan wakil walikota Padang, Mahyeldi-Hendri Septa dan Emzalmi-Desri Ayunda dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk bertarung pada Pilkada 2018.

Hal itu terungkap saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang melaksanakan rapat pleno hasil penelitian administrasi dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon serta hasil pemeriksaan kesehatan yang dihadiri tim penghubung/liasion officer (LO) masing-masing.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Padang Muhammad Sawati menyampaikan dua hal. Yakni hasil penelitian administrasi dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon kedua Bapaslon yang telah hampir memenuhi syarat keseluruhanya, kecuali untuk laporan hasil kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) yang masih belum memenuhi syarat (BMS).

“LHKPN ini berstatus BMS karena berkas masih berupa tanda bukti pendaftaran dari pihak KPK RI,” ungkap Sawati selesai rapat pleno.

Kemudian Sawati menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan kedua Bapaslon dinyatakan sehat atau memenuhi syarat.

“KPU telah menerima hasil pemeriksaan dari IDI, BNN, dan Himpsi soal pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan penyalahgunaan Narkotika kedua Bapaslon. Dan hasilnya adalah kedua Bapaslon dinyatakan sehat,” terang Sawati.

Kemudian Sawati berpesan kepada tim LO kedua Bapaslon untuk mengurus surat cuti, dan segera diserahkan ke KPU. (bambang)