Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Utama » Dua Proyek Puluhan Miliar Terkendala Pembebasan Lahan

Dua Proyek Puluhan Miliar Terkendala Pembebasan Lahan

(15 Views) December 6, 2012 9:15 am | Published by | No comment

PADANG – Dua dari sembilan paket pekerjaan tahun jamak anggaran 2012 tidak dapat dilaksanakan, karena masih terkendala lahan. Paket itu rehab daerah irigasi Gunung Nago di Padang dan rehab bendung dan jaringan Batang Dareh di Limapuluh Kota.
“Ada dua kegiatan kami yang hingga kini masih terkendala akibat lahan. Padahal kedua kegiatan ini sangat dinanti masyarakat. Sebab mereka membutuhkan air untuk sawahnya,” kata Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Tahun Jamak Dinas PSDA Sumbar tahun anggaran 2012, Amrinas, didampingi PPTK Wilayah Utara Nurman, kepada wartawan di Padang, Rabu (5/12).
Dikatakannya, irigasi Gunung Nago mampu mengairi 2.097 hektar sawah masyarakat di sekitarnya. Perbaikannya mulai dikerjakan Agustus 2011 pada tahun jamak dengan anggaran mencapai Rp23 miliar. Tahun 2012 dialokasikan Rp4,8 miliar. Irigasi ini dikerjakan bersisian dengan pelebaran jalur evakuasi Alai By Pass. Sepanjang ruas jalan itu, ada satu titik lokasi sepanjang 30 meter yang hingga kini belum dibebaskan Pemko Padang karena belum tercapai kesepakatan nilai ganti ruginya.
Akibatnya di lokasi ini saluran irigasinya terpaksa terhubung kembali ke saluran yang lama.
“Kami berharap, Pemko Padang dapat segera menuntaskan kendala satu titik lokasi tersebut. Sebab saluran baru yang tersambung ke saluran lama ini tentu tidak optimal mengalirkan air, untuk persawahan atau kebutuhan lainnya,” terang Amrinas.
Sementara target pekerjaan dapat dituntaskan 31 Desember 2014. Jelang lahan bisa dibebaskan, maka pekerjaan difokuskan pada lahan yang tidak bermasalah saja.
Sedangkan rehab bendung dan jaringan daerah irigasi Batang Dareh di Limapuluh Kota, juga terkenda lahan. Irigasi ini berada pada lintas kabupaten/kota, antara Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Bendung lama berada di Payakumbuh. Rencananya debit air daerah irigasi ini akan ditambah sehingga perlu dibangun bendung baru di Limpuluh Kota.
Dijelaskannya, pembuatan bendung baru di Limapuluh Kota tidak bisa direalisasikan karena lahan belum bebas. Pemkab Limapuluh Kota berdalih tidak ada dana untuk pembebasan lahan. Daerah irigasi Batang Dareh mulai dibangun September 2011 dan ditargetkan selesai 31 Desember 2014 mendatang dengan anggaran Rp11,996 miliar. Tahun 2012 dialokasikan Rp1,2 miliar. Daerah irigasi ini mampu mengairi sawah masyarakat seluas 1.037 hektar.
“Bendung dan jaringan daerah irigasi Batang Dareh ini diproyeksikan akan mengairi sawah masyarakat pada dua kabupaten/kota bertetangga ini. Karena tidak bisa dikerjakan, maka terpaksa bendung lama saja kami optimalkan pemanfaatannya. Dan dilakukan interkonseksi dengan daerah irigasi lain yang ukurannya kecil-kecil, untuk meningkatkan debit air,” terang Amrinas.
Kepala Dinas PSDA Ali Musri yang dihubungi terpisah lebih jauh menjelaskan, persoalan lahan ini sudah ditanggapi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, yang meminta dukungan masing-masing Pemkab/Pemko terkait untuk membantu percepatan pembebasan la- han.
Apalagi kegiatan pembangunan yang dibiayai dengan dana APBN, karena tidak mudah untuk menarik dana tersebut ke daerah. Akhirnya pemerintah pusat pun mau mengucurkan dana, bila lahannya sudah tidak bermasalah.
Sementara, paket pekerjaan tahun jamak 2012 itu, rehab Daerah Irigasi (DI) Batang Surantih (Pesisir Selatan), pembangunan irigasi Simarasok (Agam), rehab DI Gunung Nago (Padang), rehab Batang Lampasi (Limapuluh Kota), rehab Batang Bayang (Pesisir Selatan), rehab DI Ujung Gunung (Padang Pariaman), rehab DI Bandar Laweh Sirukam (Kabupaten Solok), rehab bendung dan jaringan DI Batang Dareh (Limapuluh Kota) dan pembangunan irigasi Ampiang Parak (Pesisir Selatan). (107)

Categorised in:

No comment for Dua Proyek Puluhan Miliar Terkendala Pembebasan Lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>