Dukung Organisasi Kepemudaan, Ranperda Disusun

perdaPADANG – Para pemuda dan organisasi kepemudaan di Sumbar sekarang boleh bergembira hati. Pemerintah provinsi akan membangun fasilitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan kepemudaan. Selain juga ada anggaran dana untuk mendukung program-program pemuda yang berasal dari APBD provinsi.

“Saat ini DPRD dan Pemprov sedang menyusun ranperda (rancangan peraturan daerah) tentang kepemudaan. Nanti jika telah disahkan, rencana tersebut bisa langsung dilaksanakan,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Marlina Suswati, baru-baru ini.

Tujuan program ini, kata dia, demi mengembangkan potensi para pemuda. Pengembangan potensi ini bisa disesuai dengan bakat mereka masing-masing. Misalnya ada pemuda yang punya bakat tentang wirausaha, olahraga, kesenian, teknologi dan sebagainya.

“Jika bakat-bakat mereka ini dikembangkan dengan baik maka mereka tak akan menjadi pengangguran yang bergantung pada lapangan kerja yang memang masih terbatas. Mereka nanti bisa mandiri, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja baru,” ujar Marlina.

Marlina menjelaskan, dalam ranperda itu nantinya akan diatur banyak hal. Diantaranya pembangunan sarana dan prasarana kepemudaan. Yakni sentra pemberdayaan pemuda, koperasi pemuda, pondok pemuda, gelanggang pemuda/remaja/mahasiswa, pusat pendidikan dan pelatihan dan prasarana lainnya yang diperlukan bagi pelayanan kepemudaan. Selain itu juga pengadaan peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang prasarana kepemudaan. Sehingga pemnafaatnya akan lebih optimal.

Sejalan dengan itu, ranperda itu juga akan mengaur tentang tugas dan tanggungjawab perencanaan serta pendaaan tentang pengembangan kewirausahaan pemuda dan pengembangan kepeloporan pemuda.

“Semua program itu akan didanai oleh APBD provinsi. Selain juga bisa didapat dari organisasi kepemudaan itu sendiri, masyarakat dan sumber lain,” ujarnya. (Titi)