Dukung Penyaluran Non Tunai Bansos,  Telkomsel Uji Coba Lewat TCASH

Pelanggan saat melakukan pencairan bantuan sosial pemerintah non tunai menggunakan layanan TCASH di Medan.(*)
Pelanggan saat melakukan pencairan bantuan sosial pemerintah non tunai menggunakan layanan TCASH di Medan.(*)

MEDAN – Telkomsel bekerjasama dengan BTPN melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow!. Untuk kota Medan uji coba kali ini merupakan tahap kedua dari uji coba yang sebelumnya sudah dilakukan di kota Medan, Jakarta, Bogor, serta Solo pada Agustus 2016. Ini  merupakan bentuk dukungan Telkomsel kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.

Untuk kota Medan uji coba penyaluran non tunai bantuan sosial pemerintah dilakukan di Kelurahan Matsum II dan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara). Kegiatan yang sama juga dilakukan di Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur).

Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung, mengatakan, Telkomsel mendapat respon yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. Sekitar 98 persen penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dimana sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan lebih mudah, cepat, bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat. Selain itu jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik.

Erwin lebih lanjut menjelaskan bahwa sebanyak 34 agen BTPN Wow! telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial dan pangan tahun 2017 oleh pemerintah kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan pun dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen, agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.

Layanan NFC ini memberikan banyak kemudahan kepada Penerima Manfaat dalam bertransaksi cukup menempelkan (tap) di handphone NFC agen (EDC). Transaksi TCASH juga aman, karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksinya.

“Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya, seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan dan histori transaksi”, tambah Erwin.

Sedangkan dari sisi pemerintah, Erwin menjelaskan bahwa layanan ini akan meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi resiko kebocoran dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai. Proses pengambilan dalam rupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCASH maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan. (rahmat)