Empat Negara Akan Hadiri Batusangkar International Confrence

Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar Dr Syukri Iska. (*)
Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar Dr Syukri Iska. (*)

BATUSANGKAR – Empat negara akan hadir dalam Batusangkar International Confrence (BIC ) yang bakal digelar pasca sarjana IAIN Batusangkar, Sabtu dan Minggu (15-16/10) mendatang.

Menurut Direktur Pasca Sarjana IAIN Batusangkar Dr. Syukri Iska didampingi Wakil Direktur Dr. Suswati Hendriani, Batusangkar konferensi Internasional akan dikuti Arab Saudi, Malaysia, Brunei Darusalam dan Indonesia.

Dalam pembukaan akan hadir dimulai pembicara utama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Muhammad Nasir, Al Imam Muhamad Ibnu Saud Islamic University Arab Saudi Dr Muhammad Shofa Haqy, Rektor Universitas Sains Islam Malaysia Prof. Dato Musa Ahmad, Guru Besar UIN Malang Prof Imam Suprayogo, dan Universitas Brunei Darusalam Prof Datuk Osman Bakar.

Konferensi bertujuan mencari format yang tepat dan efektif dalam mengintegrasikan dan menginterkoneksian ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai refleksi pelaksanaan ajaran Islam secara menyeluruh.

Kajian integrasi dan interkoneksi tersebut bukan hanya sekedar mencarikan ayat atau hadis yang relevan dengan materi pelajaran, melainkan sebagai landasan filosofi keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pada umumnya,masyarakat internasional termasuk Indonesia masih sulit melepaskan diri dari pemikiran dikotomi ilmu pengetahuan (ilmu agama dan ilmu umum),” jelas Syukri.

Dengan demikian Pascasarjana IAIN Batusangkar mencoba mewujudkan sistem pendidikan yang integratif dan interkoneksi antara ilmu agama dengan ilmu umum lainnya.

Syukri Iska mengharapkan, konferensi internasional diupayakan terlaksana secara kontiniu dengan berbagai kegiatan ilmiah dalam bentuk forum diskusi atau seminar.

BIC  Pertama direncanakan akam diikuti 300 peserta berasal dari direktur pascasarjana PTKI dosen, mahasiswa, kepala SLTA,  pemerhati pendidikan dan lain- lain. (bakhtiar danau)