Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Headline » Enam Parpol Kirim Dua Kader ke Senayan

Enam Parpol Kirim Dua Kader ke Senayan

(137 Views) April 11, 2014 8:00 am | Published by | No comment

IRMAN, EMMA, JEFFRIE DAN NOFI JADI SENATOR — PADANG — Enam partai politik dipastikan mengirim masing-masing dua caleg ke Senayan. Lima di antaranya adalah Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PPP dan NasDem.

TABEL PERKIRAAN

Sedangkan partai ke enam yang mengirimkan dua kadernya ke Senayan diperebutkan oleh tiga parpol, masing-masing PKS, PAN dan PDIP di Dapil II. Di Dapil I, ketiga parpol ini hampir dipastikan mengirimkan kadernya.
“Berdasarkan data yang masuk ke posko Partai NasDem Sumbar, hingga Kamis siang, sementara Golkar masih terdepan meraih 17 persen, menyusul Gerindra 15 persen dan Demokrat 12 persen,” kata Ketua Bapilu Partai NasDem Sumbar, Yosmeri Yusuf kepada Singgalang, Kamis (11/4) di Padang.
Sebagai perbandingan pada Pemilu 1999, perolehan tertinggi diraih Dasrul Djabar dari Demokrat dengan 83.671 suara. “Itu yang paling tinggi,” kata mantan anggota KPU Sumbar, Ardian. Setelah Dasrul, menyusul nama Djufri (Demokrat) dengan 83.46 suara, kemudian Jeffrie Geovanie (Golkar) dengan 66 ribu suara dan Irwan Prayitno (PKS) dengan 57.199 suara.
Data sementara NasDen, menurut Yosmeri berasal dari 4.000-an TPS yang dihimpun secara manual dari saksi Partai NasDem. Sedangkan di Sumbar ada 12.144 TPS. Hasil itu pun masih akan ada pergeseran-pergeseran.
Dapil satu
Di Dapil Sumbar I yang meliputi sebelas daerah (Padang, Pesisir Selatan, Mentawai, Kota Solok, Kab. Solok, Solsel, Padang Panjang, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya), Golkar meraih 18 persen suara, menyusul Gerindra 12 persen dan Demokrat (10 persen).
Berikutnya, PAN yang juga meraih suara 10 persen tapi kalah tipis dengan Demokrat, lalu NasDem 9 persen yang juga bersaing ketat dengan PPP yang juga meraih 9 persen. Kemudian, PDI-P dan PKS yang meraih 8 persen, tapi juga beda sangat minim. Partai lainnya, PKB, PBB dan PKPI jauh di bawah 3 persen.
Lantas siapa yang diperkirakan ke Senayan? Dari hasil sementara itu dan pergerakannya tidak akan signifikan, diperkirakan tidak satupun caleg yang akan menembus bilangan pembagi mendapatkan satu kursi.

Di Dapil Sumbar I, nilai satu kursi 258.750 suara, dengan total jumlah pemilih 2,07 juta orang. Diperkirakan pula tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 9 April hanya sekitar 70 persen sehingga nilai satu kursi di Dapil Sumbar ini menjadi 181.125 suara. Pada Pemilu 1999, menurut mantan anggota KPU Sumbar, Ardian, nilai kursi di dapil I sebanyak 119.181 suara. Sementara di Dapil II 122.418 suara.
Dari Partai Golkar yang diperkirakan menembus Senayan, Azwir Dainy Tara (incumbent). Partai ini bisa saja mendapatkan kursi kedua, berdasarkan perhitungan sisa suara dan menempatkan Betty Shadiq Pasadigoe. Kondisi terakhir, Golkar masih mendapatkan satu kursi.
Kursi kedua direbut Gerindra oleh Syuir Syam. Namun Syuir belum bisa tenang, karena masih dibayang-bayangi oleh Afrizal. Sedangkan kursi ketiga diraih Demokrat antara Darizal Basir dan Dasrul Djabar yang keduanya sama-sama incumbent.
Untuk kursi keempat bakal diambil oleh PAN. Beda dengan Gerindra dan Demokrat, PAN diprediksi meloloskan Asli Chaidir ke Senayan.
Sama dengan PPP yang kembali mengantarkan Epyardi Asda (incumbent) ke gedung rakyat di Jakarta. Baik Asli dan Epy, relatif unggul cukup telak ketimbang caleg lain.
Kursi selanjutnya Partai NasDem, diperebutkan Endre Syaifoel dan Bachtul. Endre Syaifoel yang menang di Sijunjung dan Dharmasraya. Sedangkan Bachtul mendulang suara di ‘Solok Raya’ dan Pesisir Selatan. Endre atau Haji Wen, tadi malam menyatakan, ia sudah meraih lebih 70 ribu suara. “Ini baru hitungan sementara,” kata dia. Ia mengkalim, Bachtul jauh di bawahnya.
Di Padang, PDIP yang secara nasional tampil sebagai jawara, meski di Sumbar tidak, tapi hampir dipastikan pula mengirimkan kadernya ke Jakarta. Alex Indra Lukman, unggul jauh ketimbang caleg lainnya. Langkahnya semulus Azwir, Asli dan Epy.
Kursi terakhir diraih kader PKS, Hermanto, incumbent. Namun dia belum bisa tenang, karena caleg satu partai, Nurfirman Wansyah, siap-siap menyalip.
Dapil dua
Bagaimana dapil Sumbar II (meliputi Pariaman, Padang Pariaman, Agam, Bukittinggi, Pasaman, Pasbar, Payakumbuh dan Limapuluh Kota) yang menyediakan enam kursi? “Di sini Gerindra mendapat 18 persen, mengungguli Golkar (16 persen) dan Demokrat (14 persen), tapi diperkirakan tetap mendapatkan satu kursi,” jelas Yosmeri.
Parpol lain, PPP (9 persen), NasDem (8 persen). Sedangkan untuk mendapatkan kursi keenam bakal diperebutkan tiga parpol yaitu, PDIP (7,5 persen), PKS (7,4 persen) dan PAN (6,9 persen).
Jumlah pemilih di Dapil Sumbar II tercatat 1,58 juta jiwa, dengan nilai satu kursi 263.720 suara. Tingkat partipasi warga yang diperkirakan 70 persen, maka nilai satu kursi menjadi 77.420 suara. Dan diprediksi pula, tidak satupun caleg yang akan mendapatkan suara sesuai harga kursi.
Dari Gerindra yang lolos ke Senayan adalah Ade Rizky Pratama. Di belakangnya, menyusul Endang Irzal yang siap-siap mengancam. Untuk Golkar, John Kenedy Azis yang akan lolos. Sedang dari Demokrat malenggang incumbent, Mulyadi.
Kursi keempat bakal diraih PPP dengan kadernya ke Senayan, Hariadi dan siap-siap menyusul M. Iqbal (incumbent). Lalu, kursi kelima direbut Nil Maizar dari NasDem.
Pertarungan sengit bakal terjadi antara PDIP, PKS dan PAN untuk memperebutkan kursi keenam. PDIP akan mengantarkan Agus Susanto, PKS mengantarkan incumbent, Refrizal dan PAN dengan incumbent-nya pula, Taslim. Dari hasil sementara itu, PDIP yang gol.
Kursi DPD
Untuk calon anggota DPD, hasil perhitungan sementara, menempatkan Irman Gusman (incumbent) menjadi terdepan dengan perolehan suara 16 persen, disusul Emma Yohanna (incumbent) yang meraih 13 persen. Lalu Jeffrie Geovanie 9 persen.
Hebatnya, pertarungan untuk mendapatkan kursi yang keempat terjadi persaingan ketat. Untuk sementara Nofi Candra unggul mendapatkan 6 persen, lalu disusul Leonardy Harmainy 5,5 persen dan Herman Darnel Ibrahim (5 persen).
Apapun ini hanyalah kalkulasi sementara dari versi Partai NasDem. Hasil final, harus menunggu perhitungan oleh KPU Sumbar. (015)

Categorised in:

No comment for Enam Parpol Kirim Dua Kader ke Senayan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>