F-Win Menang, Kubu W-Fi Siapkan Gugatan Pilkada

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PAYAKUMBUH-  Puluhan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Golkar, Demokrat, Nasdem, Hanura dan Partai Amanat Nasional (PAN), bakal menggugat hasil Pilkada Serentak 2017 di Kota Payakumbuh, yang berlangsung Rabu (15/2).

Gugatan ini, dilakukan partai pengusung dan pendukung pasangan cawako-cawawako nomor urut 3 Suwandel Mukhtar-Fitrial Bachri (W-Fi) itu, setelah menduga telah terjadinya kecurangan yang terstruktur dan masif dalam alek demokrasi sekali lima tahunan ini.

“Kita akan bawa ke Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Ketua Koalisi Badunsanak, gabungan Parpol Pengusung W-fi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Payakumbuh, Aribus Madri, Kamis (16/2) saat menggelar konfrensi pers di Posko Utama W-Fi, di Labuah Basilang, Kota Payakumbuh.

Sementara itu, kendati belum ada pleno resmi di tingkat Kecamatan maupun tahapan akhir tingkat Kota, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat website resminya https://pilkada2017.kpu.go.id , telah menuntaskan postingan penghitungan suara cepat lewat data form C1 Kamis (16/2) tadi malam.

Hasil yang didapat KPU dari form C1 seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 210 titik tersebut, menunjukan angka, jika pasangan cawako-cawawako nomor urut 2 Riza Falepi-Erwin Yunaz memenangi Pilkada. Falepi-Erwin memperoleh suara 24.946 atau 43.63%.

Perolehan suara Falepi-Erwin, disusul Suwandel-Fitrial sebanyak 21.174 suara atau 37.03% dan terakhir pasangan Cawako-Cawawako Wendra Yunaldi-Ennaidi Dt Angguang yang mendapat perolehan suara 11.058 atau 19.34%. Dari web resmi KPU juga ditulis, jika suara sah dalam Pilkada sebanyak 56.673, suara tidak sah 796 dan total pemilih yang menggunakan hak pilihnya 57.479. (bayu)