Fakultas Teknik UNP Bantu Penyaringan Air Bersih untuk Tarusan

Disaksikan Sekcam Koto XI Tarusan, Pessel, Denny Anggara proses penyaringan air bersih bertingkat hasil pengabdian masyarakat dosen FT UNP di kantor camat tersebut, Senin (2/10). (dede amri)
Disaksikan Sekcam Koto XI Tarusan, Pessel, Denny Anggara proses penyaringan air bersih bertingkat hasil pengabdian masyarakat dosen FT UNP di kantor camat tersebut, Senin (2/10). (dede amri)

PADANG –  Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT-UNP) menyerahkan instalasi pengolahan air bersih, Senin (2/10) di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Penyerahan sekaligus pengujian alat penyaringan air bersih itu diterima Sekcam Koto XI Tarusan, Denny Anggara. Wakil Dekan III FT UNP, Nelvi Erizon, yang juga sebagai Tim Pengabdian itu kepada Singgalang mengatakan, Koto XI Tarusan  dipilih berawal dari perjalannya waktu ke Tarusan.

“Tahun lalu saya singgah di kantor kecamatan ini menumpang menunaikan Shalat. Ketika berwudhu kualitas air-nya keruh dan berbau. Timbul niat saya membuat saringan air. Alhamdulillah hari ini niat saya itu terealisasi,” ujar Nelvi Erizon.

Pembuatan alat penyaringan itu, dikerjakan dengan tim. Terdiri dari Nelvi Erizon sendiri, Jasman, (selaku ketua tim pengabdian) dan Syahrul serta Abdul Aziz, Junil Adri dan Bulkiah Rahim. Tim dosen itu dibantu dua mahasiswa yakni Benny Wandefri dan Muhammad Rinno. Bahkan kedua mahasiswa jurusan Teknik Mesin itu menjadikan pembuatan alat tersebut menjadi Tugas Akhir-nya (TA).

“Pembuatan alat ini kita mulai September lalu dan selesai awal Oktober ini,” kata Jasman dan dibenarkan pula Junil Adri.

Junil Adri menambahkan, sistem alat penyaringan ini enam tingkat atau sistem penyaringannya mempergunakan batu bata (wejan 1), lalu wejan kedua diisi kerekel dicampur ijuk, wejan ketiga pasir, kemudian wejan berikutnya diisi karpet dan arang batok kelapa.

Camat Gusdan Yuwelmi mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Teknik UNP yang membantu masyarakat sekitar dengan adanya alat penyaringan itu.

“Semoga hasil karya para dosen dan adik-adik mahasiswa ini bahkan langsung dipantau Wakil Dekan III ini menjadi amalan dan bermanfaat bagi warga di kecamatan kami ini,” ungkap Gusdan Yuwelmi.

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan dosen FT dan dibantu mahasiswa ini diwadahi oleh LP2M (Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat) UNP. (dede)