Gantikan Patrialis, Saldi Dilantik Sebagai Hakim MK Selasa

Saldi Isra (antara foto)
Saldi Isra (antara foto)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Saldi Isra menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Patrialis Akbar, yang tersangkut perkara korupsi.

Hal ini dikonfirmasi oleh anggota Panitia Seleksi (Pansel) Hakim MK, Sukma Violetta yang mengatakan pelantikan Saldi akan dilakukan pada Selasa, 11 April 2017. “Benar, hari Selasa akan dilantik,” kata Sukma, Sabtu (8/4).

Sebelumnya, tim Pansel menyerahkan tiga nama kepada Jokowi sebagai ranking teratas dari seleksi wawancara yang telah dijalani. Sebanyak tiga nama tersebut terpilih dari sebelumnya 11 nama yang lolos seleksi tahap dua.

Sukma mengatakan, dari semua indikator penting, Saldi paling menonjol dibanding dua calon lainnya. “Mengenai pemahamannya tentang konstitusi, kemudian bisa menjelaskan beberapa masalah yang terkait, memberikan solusi-solusi. Selain itu aspek yang paling penting, integritas,” lanjut dia.

Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) ini pun mengaku bersyukur Jokowi memilih Saldi sebagai Hakim MK. Dengan memilih satu diantara nama yang diajukan, artinya presiden menghargai kerja Pansel dalam menyelenggarakan proses seleksi.

“Kami sebagai Pansel sangat bersyukur presiden menentukan Prof Saldi, orang yang diperingkat pertama yang dipilih oleh presiden, presiden menghargai hasil kerja pansel dan itu tercermin dari terpilihnya Prof Saldi,” pungkas Sukma. (aci)

agregasi okezone1