Gua Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Ketua komunitas geopark sumbar Novizar Swantry, usai melakukan pertemuan foto bersama Asisten III Dr. Yul Amri, kabag Humas Firdaus Firman, Kabid dari Dinas Parbudpora Solsel Yolni Hendra. (*)
Ketua komunitas geopark sumbar Novizar Swantry, usai melakukan pertemuan foto bersama Asisten III Dr. Yul Amri, Kabag Humas Firdaus Firman, Kabid dari Dinas Parbudpora Solsel Yolni Hendra. (*)

PADANG ARO – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mulai menyiapkan usulan penetapan Gua Batu Kapal  sebagai salah satu geopark nasional.

“Kami akan siapkan usulannya, serta akan kami buatkan perbub tentang geopark ini,” ungkap Asisten III Yul Amri, Kamis di kantor bupati (18/5).

Penetapan gua batu kapal menjadi salah satu geopark nasional berkaitan dengan datangnya tim dari komunitas Geopark Sumatera Barat ke Gua Batu Kapal, kamis (18/5).

Ketua Komunitas Geopark sumbar Novizar Swantry mengatakan, Gua Batu Kapal mempunyai daya tarik wisata yang besar. Menurutnya dengan dijadikannya Gua Batu Kapal sebagai geopark nasional, maka wisatawan akan banyak berkunjung ke Solok Selatan. Dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan PAD.

Ia mengatakan, di Solsel banyak yang bisa dijadikan geopark nasional, diantaranya Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta panas bumi sebagai destinasi wisata pendidikan.

“Geopark berbeda dengan hutan lindung, kalau hutan lindung hanya alam saja, tapi geopark tidak hanya alam, tapi juga manusianya, dan budaya yang ada di suatu daerah,” ungkapnya.

Ia berharap, usulan penetapan Goa Batu Kapal sebagai geopark nasional ke pemerintah pusat itu cepat direspon agar penetapannya dapat terealisasi. (Af)