Gubernur Irwan Prayitno Terima Penghargaan APN

Gubernur menerima penghargaan dari Presiden. (*)
Gubernur menerima penghargaan dari Presiden. (*)

 JAKARTA – Gubernur Irwan Prayitno, kembali menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) dari Presiden Joko Widodo, Rabu (30/11) di Istana Negara, Jakarta. Penghargaan ini diberikan atas kepedulian dan komitmen Gubernur Irwan dalam melakukan pembinaan ketahanan pangan di Sumbar.

Hebatnya dari 34 provinsi di Indonesia, hanya diberikan untuk tiga gubernur saja, yaitu  Gubernur Sumbar, Gubernur Aceh, dan Gubernur Jawa Tengah.

Presiden merespon adanya pemuncak dari penghargaan tertinggi dalam ketahanan pangan ini. Apalagi pembangunan ketahanan pangan itu sepenuhnya tidak bisa diserahkan hanya kepada pemerintah semata.

“Tapi merupakan kerja sama semua pihak, terutama masyarakat yang menjadi motivator dan menjadi contoh bagi masyarakat banyak terhadap kemampuan membangun ketahanan pangan di daerah masing-masing,” kata Presiden.

Gubernur Irwan Prayitno menyebutkan penghargaan yang didapat itu adalah buah dari kebersamaan dan komitmen pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota serta stakeholder terkait, terutama masyarakat. Sebab, bicara ketahanan pangan sesungguhnya bicara kepentingan semua pihak.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Efendi menyebutkan, penghargaan tertinggi bidang pangan tersebut, diraih Gubernur Irwan Prayitno adalah untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, 2013 dan 2014.

“Untuk mendapatkannya tidak mudah, prosesnya panjang dan tahapan yang dilewati tak hanya dari laporan dan apa yang dilakukan Pemprov tapi juga melihat kondisi lapangan,” jelasnya. (pen)