Gubernur Kumpulkan BUMN/BUMD Siapkan Pasar Penampungan

Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan keterangan terkait kebakaran Pasar Ateh. (gindo)
Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan keterangan terkait kebakaran Pasar Ateh. (gindo)

BUKITTINGGI –  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akan mengumpulkan BUMN/BUMD untuk membantu penyiapan pasar penampungan bagi pedagang korban kebakaran Pasar Ateh Bukittinggi.

“Kita akan pimpin langsung pertemuan dengan BUMN dan BUMD untuk membicarakan bantuan untuk penyiapan pasar penampungan para pedagang tersebut,”ujar Irwan Prayitno saat meninjau lokasi kebakaran pasar atas Bukittinggi, Senin (30/10/2017) kemaren.
Sebab Bukittinggi merupakan kota wisata yang sangat terkenal. dan wisatawan setiap berkunjung ke Bukittinggi sering berbelanja di pasar atas tersebut. Namun kini pasar tersebut yang terbakar hal itu tidak saja akan mengganggu kunjungan wisatawan ke Bukittinggi tapi Sumatera Barat juga akan ikut terganggu.

“Kondisi ini tentunya akan mengundang keprihatian kita tidak hanya pemerintah Kota Bukittinggi tapi juga Pemeritah Provinsi,”tegasnya.

Karena peristiwa itu baru saja terjadi, maka pihaknya bersama pemerintah provinsi akan melakukan kajian secara komprehensif, baik menyangkut penyebab kebakaran itu maupun menyangkut kelayakan bangunan tersebut.

Sementara terkait dengan kelayakan bangunan pihaknya bersama Pemeritah Kota Bukittinggi akan melakukan evaluasi dan kajian mendalam tentang tempat kebakaran ini.

Sebab sudah empat kali terjadi kebakaran dan gempa sehingga perlu kajian baik dari PU, karena itu pihaknya belum dapat memberikan kawaban akan direhap atau di bangun ulang.

“Semua itu tergantung kita lihat nanti hasil kajian tersebut,”tegasnya.

Menyangkut dananya juga akan dikaji dari mana yang dapat dimamfaatkan, mungkin saja dari APBD Kota, atau APBD Provinsi, dan mungkin saja melalui CSR BUMN.

“Kita meminta walikota untuk merancang pasar penampungan sementara tapi harus bagus, rapi dan jangan berserakan, karena target kita yang berbelanja itu wisatawan, karena itu pasar penampungan itu harus dibuat semi parmanen dan rapi termasuk pendataan bagi penjalan kaki dan lokasi parkir sehingga orang nyaman berbelanja di lokasi itu ,”ujarnya. (gindo)