Gubernur Kumpulkan Kepala Daerah Bentuk Saber Pungli

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (irwanprayitno.com)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (irwanprayitno.com)
PADANG –  Mewujudkan komitmen untuk memberantas pungutan liar (Pungli) Gubernur Irwan Prayitno kumpukan seluruh bupati/walikota. Langkah itu untuk membentuk tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat.
“Kita sudah koordinasikan. Semua bupati dan wali kota, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkaitan dengan pelayanan publik, Polda Sumbar dan seluruh Polres berkumpul untuk membahas dan membentuk tim saber pungli,” kata Gubernur Irwan Prayitno, Rabu (26/10).
Menurutnya tim tersebut akan segera bekerja untuk memberantas pungutan liar di Sumbar. Sehingga segala tindakan mengarah pungli akan ditindak habis.
“Kalau bisa nanti kita zero pungli,” katanya.
Katanya, pemberantasan pengutan liar itu sebenarnya bukan hal baru di Sumbar. Sejak awal pihaknya sudah jelas-jelas melarang jajaran pemerintahan di Sumbar untuk melakukan praktek yang merugikan masyarakat itu.
“Tegas saya katakan, ASN yang kedapatan melakukan pungutan liar akan langsung dipecat dari jabatannya,” katanya.
Disampaikannya SKPD yang berkaitan dengan pelayanan publik di Pemprov Sumbar diantaranya Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah, Dinas perhubungan, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. (yose)