Gubernur Resmikan Pabrik Galvanis PT Kunango Jantan Grup

Dirut PT Kunango Jantan Grup (KJG) H. Arsil bersama Gubernur Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi dan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni usai meresmikan pabrik galvanis dan pipa PT KJG, Rabu (12/10) di Jalan By-Pass KM-25 Kasang, Padang Pariaman. (dede amri)
Dirut PT Kunango Jantan Grup (KJG) H. Arsil bersama Gubernur Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi dan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni usai meresmikan pabrik galvanis dan pipa PT KJG, Rabu (12/10) di Jalan By-Pass KM-25 Kasang, Padang Pariaman. (dede amri)

PADANG – Direktur Utama PT Kunango Jantan Group, H. Asril merealisasikan janjinya membangun pabrik galvanis dan pipa pertama di Sumatera. Pembangunan pabrik yang berkapasitas 36 ribu ton/tahun itu mampu dituntaskan satu tahun (peletakan batu pertama 3 Oktober 2015). Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (12/10) meresmikan pabrik yang berlokasi di Jalan By-pass Km 25, Kenagarian Kasang, Padang Pariaman itu.

“Pak Asril adalah mantan pemain sepakbola. Kini menjadi pengusaha hebat, putra Minang pula. Sumbar memang membutuhkan investor. Ke depan bukan hanya Pak Asril namun bisa hadir pula 100 investor lainnya,” harap Irwan Prayitno.

Pabrik yang mampu menyerap tenaga kerja lebih 100 orang nanti itu bisa memproduksi lampu jalan, gorong-gorong, pembatas jalan, pipa PDAM, serta produk Telkom dan PLN .

“Bagi kami dengan berdirinya pabrik galvanis dan pipa ini selain mampu menyerap tenaga kerja yang lebih penting itu multiplier-effect-nya yang bisa nantinya ribuan orang terserap. Kapasitas nanti bisa mencapai 36 ribu ton/tahun,” ujar Asril yang akrab disapa Haji Etek itu.

Nilai investasi pembangunan pabrik galvanis dan pipa itu mencapai Rp50 miliar.

Senior Advisor Asosiasi PT Citra Galvanis Indonesia, Arie Ariyanto pun memberi apresiasi kepada owner PT KJG itu.

“H. Arsil ini mampu mendobrak dalam membangun sebuah pabrik galvanis. Dia pernah datang ke saya menanyakan maksud membangun pabrik itu suatu ketika. Kini hal itu terealisasi. Ini sangat luar biasa bagi kami,” akuinya.

Dikatakan Arie Ariyanto, pemerintah sudah berencana akan membangun jalan tol trans Sumatera sepanjang 2.508 km. Pembangunan jalan tol itu dari Aceh ke Lampung. “Pabrik ini nantinya bisa menjadi penyuplai galvanis. Kini tergantung kesiapan produksi dari PT KJG,” tantang Arie.

“Kompetitor kuat galvanis ini memang masih dipegang China karena didukung langsung pemerintahnya. Selama ini, pabrik galvanis lebih terpusat di Jakarta. Kita bangga dengan H. Asril yang membangun pabrik galvanis pertama di Sumatera ini,” papar Arie lagi.

Direktur Marketing PT Krakatau Steel, Tbk, Dadang Danusiri bangga dengan keseriusan H. Asril membangun pabrik galvanis dan pipa ini.

“Ketika Pak Asril datang ke kami (PT KS) awal-awal berbisnis baru memesan 200 sampai 300 ton bahan baku dengan omset sekitar Rp17-20 miliar/bulan. Kini sudah meng-order 2.500 ton dengan omset berkisar Rp50 sampai Rp60 miliar perbulan. Kira-kira untuk satu tahun ke depan omset bisa mencapai Rp1 triliun. Makanya ini luar biasa bagi kami,” papar Dadang.

Peresmian kemarin itu juga dihadiri Komut PT Angkasa Pura I (Persero), Andrianof Chaniago, Walikota Padang Mahyeldi, Wakil Walikota Padang Emzalmi, Bupati Solsel Muzni Zakaria, Bupati Pessel Hendra Joni dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan Walikota Pariaman serta unsur Forkopimda Sumbar.

Kini, karyawan PT KJG berkisar 1.600 orang. PT Kunango Jantan Group berdiri 1993 bergerak dibidang manufacture dan trading. Saat ini ada enam divisi yakni PT Kunango Jantan Beton, PT Kunango Jantan Steel, PT Tiga Pilar Sakato, PT Kunango Jantan Concrete dan Workshop PT Kunango Jantan, serta PT Karya Empat Pilar. (dede)