Gubernur Sumbar Bakal Dapat Pangkat Letjen Kehormatan

Irwan Prayitno bersama gubernur se-Indonesia akan menjalani pembaretan di Natuna. (*)
Irwan Prayitno bersama gubernur se-Indonesia akan menjalani pembaretan di Natuna. (*)

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno hari ini akan mendapatkan pangkat kehormatan Asta Brata, pangkat setara bintang tiga. Pangkat tersebut diterima pada proses pembaretan di Pantai Teluk Buton Tanjung Datuk Natuna, Kepulauan Riau.

Pembaretan para gubernur ini akan dilakukan bersamaan dengan operasi latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun 2017.

Acara yang akan digelar Jumat (19/5) itu dihadiri Presiden Joko Widodo. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, didampingi Kasad, Kasal, Wakasau dan Pangkostrad selaku Direktur latihan meninjau secara langsung pelaksanaan Geladi Bersih kesiapsiagaan operasi latihan PPRC.

Panglima TNI juga menggunakan Kendaraan Taktis (Rantis) TNI untuk meninjau kesiapan Geladi Bersih Demonstrasi Latihan PPRC TNI tahun 2017. Latihan PPRC ini nantinya akan melibatkan 5.900 prajurit TNI baik Penyelanggara maupun pelaku latihan yang tergabung dalam Satuan Tugas Darat (Satgasrad), Satuan Tugas Laut (Satgasla), Satuan Tugas Udara (Satgasud), Satuan Darat (Satrad) lanjutan, Satuan Manover Infanteri dan Kavaleri, Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin).

“Ini bukan upaya militerisasi, tapi membangun pemikiran militer agar semua (gubernur) menitikberatkan aspek pembangunan dalam bingkai persatuan dan kesatuan NKRI,” ujar Gubernur Irwan Prayitno Kamis (18/5).

Ia menambahkan, kemitraan antara TNI dan kepala daerah tentu sangat berguna bagi penguatan sistem keamanan. Terlebih, kepala daerah memiliki program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Sehingga sistem pertahanan kita selain fisik hard power, tapi juga deterrent sehingga negara mana pun takut,” ujarnya.

Diketahui, 23 Gubernur dan 4 wakil gubernur yang memastikan hadir pada kegiatan tersebut. Mereka adalah Gubernur Sulsel, Jatim, Maluku, Papua Barat, Sumut, Sultra, Maluku Utara, Sulteng, Bali, Lampung, Babel, Kalsel, Jabar, Kaltim, Sumsel, Kaltara, Jambi, NTB, Kalteng, Sumbar, Sulut dan Gubernur Kepri. Para Wagub antara lain dari Kalbar, Papua, Banten dan NTT. (yose)