Habib Rizieq: Pendemo yang Tewas Bukan Karena Asma Tapi Gas Air Mata

Habib Rizieq Shihab  (okezone)
Habib Rizieq Shihab (okezone)

JAKARTA – Ketua Pembina Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF)-MUI, Habib Rizieq Shihab membantah pendemo yang tewas pada aksi 4 November 2016 karena sakit asma.

Salah satu demonstran, M Syachrie Oye (65) tewas dalam aksi kemarin malam. “Salah satu aksi yang meninggal murni karena gas air mata, bukan karena penyakit asma,” kata Habib Rizieq kepada wartawan di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11).

Berdasarkan keterangan dari istri korban, Habib Rizieq menyatakan, M Syachrie tidak memiliki riwayat sakit asma. Jadi, diduga korban tewas bukan karena sakit asma.

“Istri berkata kepada kami bahwa dia tidak memiliki riwayat tentang penyakit asma dan murni kena gas air mata,” tuturnya.

Sekadar diketahui, demo 4 November yang dilakuan sejumlah ormas Islam di depan Istana Negara berakhir ricuh. Polisi membubarkan paksa para pengunjuk rasa dengan menembakkan gas air mata. Dalam unjuk rasa tersebut, seorang demonstran bernama M Syachrie Oye meninggal dunia di RSPAD.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Sutiyono, menyatakan, pada Jumat 4 November 2016 malam, jenazah sudah dibawa ke kampung halamannya di Desa Binong Permai, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. “Dia murni tewas karena sakit,” tutur Awi. (lek)

agregasi okezone1