Hadirkan Ban Hypesoft, Pirelli Buka Kesempatan F1 Ciptakan Desain Mobil Baru

MILAN – Ban baru Pirelli yang lebih lembut untuk musim 2018 dipercaya akan membuka kemungkinan Formula One (F1) menciptakan desain mobil baru musim depan. Hal tersebut diungkapkan oleh direktur Pirelli, Mario Isola.

Minggu ini beberapa pembalap papan atas F1 telah memberikan jempol kepada ban baru bernama Hypersoft yang mereka buat untuk menjamu musim 2018. Pasalnya ban tipe baru tersebut akan menjadi ban andalan bagi para pembalap di musim depan.

“Para pembalap memberikan umpan balik positif mengenai ban Hypersoft. Pasalnya ban tersebut lebih cepat satu detik daripada ban ultrasoft yang telah ada di F1,” terang Isola, sebagaimana diberitakan Sportsmole, Minggu (3/12/2017).

“Senyawa lainnya juga memberikan kinerja sedikit lebih dekat dalam kinerja daripada yang kami harapkan. Tapi ini tidak menjadi masalah, karena kami tidak berkewajiban membawa senyawa serupa ke dalam balapan dan melewatkan satu langkah yang lebih fleksibel,” lanjutnya.

Isola juga mengaku Pirelli ingin memproduksi ban untuk musim 2018 yang memungkinkan setiap pembalap melakukan satu atau dua kali pit stop selama balapan.

“Kami ingin membiarkan pintu terbuka untuk satu pemberhentian. Kami percaya bahwa ban ini akan memungkinkan penciptanya untuk mengeksplorasi dua pemikiran. Membuat mobil yang sangat cepat namun menggunakan ban keras, atau memanfaatkan senyawa yang lebih lembut,” tandasnya. (aci)