HaloUKM Solusi Aplikasi Digital untuk Para UKM

Aplikasi HaloUKM bisa didownload di playstore. (*)
Aplikasi HaloUKM bisa didownload di playstore. (*)

PEKANBARU – Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah merambah pada seluruh segmen kehidupan, tidak terkecuali bidang ekonomi bisnis. Para pelaku bisnis telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan modal kapital dan profit mereka dengan cara memaksimalkan teknologi. Sebab itu, perkembangan bisnis yang dilakukan oleh pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) semakin mengarah ke pasar modern dan global sehingga dukungan teknologi, informasi dan komunikasi menjadi sangat diperlukan sebagai salah satu faktor keberhasilan berbisnis.

Menyadari pentingnya peran UKM bagi ekonomi di Provinsi Riau, maka Telkomsel Regional Sumbagteng bekerjasama dengan Bono Websystem, menghadirkan satu aplikasi yang disebut dengan HaloUKM. Perangkat ini berisikan berbagai program yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UKM guna melengkapi aktifitas UKM secara keseluruhan untuk mendukung dan membantu perkembangan UKM di Provinsi Riau berskala nasional hingga global.

General Manager Sales Region Sumbagteng, Ismu Widodo, mengatakan, Telkomsel selalu mendukung aktivitas yang meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UKM. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan informatika, maka Telkomsel melakukan support sesuai dengan bidangnya, yakni dengan menghadirkan aplikasi HaloUKM ini sebagai solusinya.

HaloUKM ini ialah aplikasi yang bisa diinstal melalui Play Store pada semua perangkat berbasiskan Android. Sedangkan kartu yang mendukung untuk aplikasi ini ialah KartuHALO Telkomsel yang telah terbukti sebagai kartu prabayar dengan kualitas jaringan terbaik. Dengan menggunakan KartuHALO tersebut, maka pengguna program HaloUKM akan mendapatkan paket bicara, paket SMS, dan paket broadband.

Layaknya sebuah pasar, HaloUKM merupakan pasar digital untuk para penjual. Artinya, para pelaku UKM hanya perlu melakukan registrasi dan menjadi pengguna aplikasi lalu memasukkan barang dan memajangnya pada beranda jualan yang ada. Di sanalah para pelaku UKM akan berlomba untuk mencari pembeli dari berbagai daerah sehingga marketnya menjadi lebih luas lagi. Bono Websystem selaku pengembang aplikasi tersebut telah menyediakan beberapa kategori produk yang dijual.

Dengan kehadiran startup ini, pelaku UKM bisa saling berinteraksi dan berkolaborasi dalam bisnis. Misalnya, pelaku penjual baju bisa mencari aneka model baju dari produsen baru secara langsung. Tentu benefit yang didapatkan ialah lebih efisien dalam harga karena bisa langsung order ke produsen. Dengan demikian, maka dalam mata rantai bisnis, pelaku UKM penjual bisa mencari pasar yang lebih luas, sedangkan pelaku UKM yang membutuhkan barang bisa memilih dengan leluasa barang yang diinginkan.

Saat ini pemerintah juga telah mendukung upaya UKM go digital, baik untuk pemasaran produk maupun untuk transaksinya. Dorongan UKM go digital ini agar lebih memudahkan bagi para pelaku UKM sebab menurut para pakar, dengan go digital potensi keuntungan yang didapatkan oleh UKM bisa mencapai dua kali lipat bahkan lebih. Karena itu, Telkomsel terus mendorong upaya penguatan digitalisasi bagi UKM agar sukses di negeri sendiri. (rahmat)