Harga Bensin Turun, Solar Naik per 1 Oktober

 

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siap melakukan evaluasi tiga bulan untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Evaluasi ini akan menjadi penetapan harga BBM pada 1 Oktober 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM menyebut, dengan melihat harga minyak dunia dan setelah melakukan perhitungan semua faktornya, maka harga BBM jenis premium turun dan solar naik pada 1 Oktober 2016.

“Rata-rata 3 bulan terakhir ada perubahan sedikit. Premium turun, solar naik,”ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (22/9).

Meski demikian, Wirat mengaku belum mengetahui berapa besaran harga perubahannya. Pasalnya, hal ini harus didiskusikan terlebih dahulu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

“Harga nanti kita diskusikan dulu ke Pak Menteri nanti kebijakannya seperti apa. Kisarannya antara Rp300 sampai Rp500 per liter. Itulah fluktuasinya. Naik turunnya rata-rata segitu,” ujarnya.

Sekadar informasi, evaluasi ini merupakan formula pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM tiap tiga bulan sekali. Karena di pertengahan tahun kemarin ada hari raya Idul Fitri, pemerintah tidak jadi melakukan evaluasi harga BBM.

Rencananya, Kementerian ESDM akan melakukan perhitungan pada 25 September 2016. Adapun, salah satu dasar yang menjadi nilai perhitungan adalah harga minyak mentah dunia. (lek)

agregasi okezone1