Harga Cabai Merah Naik di Pasaman

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

LUBUK SIKAPING – Ibu rumah tangga kembali dibuat ‘tapakiak’ oleh harga cabai yang terus meroket di Pasaman. Pasalnya harga cabai merah di Kabupaten Pasaman menembus harga Rp50 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga tersebut terpantau sejak sepekan ini.

Harga cabai merah terus naik sejak dua bulan terakhir dari harga terendah Rp25 ribu naik menjadi Rp40 ribu dan pekan ini naik menjadi Rp50 ribu.

Kepala Bidang Perdagangan Diperindag dan Naker Pemkab Pasaman, Rini Aprianti, Senin (6/11/2017) mengatakan, kenaikan harga cabai merah tersebut disebabkan karena faktor cuaca.

“Karena anomali cuaca kali ini tidak menentu, jadi mempengaruhi panen cabai dan membuat pasokan ke Pasaman terganggu,” katanya.

Kenaikan harga cabai merah tersebut berdampak pada laju inflasi di dua kota besar di Sumatera Barat yakni Padang dan Bukittinggi.

Dijelaskan Rini, menurut data Badan Pusat Statistik Sumatera Barat, sepanjang Oktober inflasi Kota Padang mencapai 0,19 persen, sedangkan Bukittinggi lebih tinggi dengan persentase 0,41 persen. (candra)