Hari Balai di Koto Baru, Antrean Sampai 5 Kilometer

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

KOTO BARU – Macet hari balai, Senin ini (10/10) di pasar Koto Baru, Tanah Datar membuat antrean kendaraan sepanjang 4 sampai 5 kilometer. Akibatnya, pengguna jalan yang terjebak macet harus menunggu 2 jam untuk bisa melanjutkan perjalanan.

“Kami harus ke Bandara dan check in pukul 11.30, sementara kini sudah pukul 10.00, baa ka aka lai ko ha,” kata Zul seorang penumpang travel di Pasar Baru.

Singgalang berangkat dari Bukittinggi juga harus bersabar dua jam untuk dapat melanjutkan perjalanan.

Dari amatan Singgalang, penyebab macet adalah sempitnya ruas jalan di Koto Baru yang menghubungkan Padang Panjang dan Bukittinggi ditambah aktivitas bongkar muat komoditi pasar disana.

Pedagang pun kelihatan berdesakan di pinggir jalan, untuk bongkar muat dagangan, sementara petugas terutama Polantas tampak kalimpasiangan mengatur lalu lintas. Sementara pemakai jalan di antaranya menerobos turut bikin macet dan beberapa diantaranya mendapatkan sangsi tilang dari petugas.

“Untuk mengurangi macet, hendaknya ada arahan dari petugas di Simpang Padang Luar untuk kendaraan dari Bukittinggi dan di Sicincin untuk kendaraan dari Padang,” ujar Deno seorang pengemudi. (khudri)