Hari Pertama Atletik, Kontingen Limapuluh Kota Sabet Dua Emas

Hari pertama cabor atletik Porprov XIV, Selasa (22/11) di Lintasan Atletik Stadion H. Agus Salim memperlombakan empat nomor final putra-putri. (rahmat zikri)
Hari pertama cabor atletik Porprov XIV, Selasa (22/11) di Lintasan Atletik Stadion H. Agus Salim memperlombakan empat nomor final putra-putri. (rahmat zikri)

PADANG – Kontingen Limapuluh Kota mendominasi hari pertama cabor atletik di Lintasan Atletik Stadion H. Agus Salim, Padang, Selasa (22/11). Dari empat nomor final dua disabet atlet Kabupaten yang dipimpin Bupati Irfendi Arbi itu.

Sabetan dua emas itu dibukukan Wahyudi Putra di nomor lari 5000 meter. Wahyudi yang nota bene juga atlet andalan Sumatera Barat di pentas nasional itu finsih pertama dengan catatan waktu 16 menit 46,44 detik.

Medali perak diboyong pelari tuan rumah, Kota Padang hendrik Marlyonda dengan catatan waktu 16 menit 55,57 detik. Dan medali perunggu juga disabet pelari Limapuluh Kota, Fajar Hidayat membukukan waktu 16 menit 59,14 detik.

Emas kedua untuk Limapuluh Kota disabet Sandra Monika di nomor lompat tinggi putri. Sandra mampu mencapai tinggi lompatan 147 cm sekaligus menyabet emas, lalu medali perak diboyong Wanda Hamidah asal Kota Payakumbuh dengan tinggi lompatan 135 cm sedangkan medali perunggu dibawa pulang Chindy Ega Putro asal Padang yang hanya sanggup mencapai tinggi lompatan 130 cm.

Pada dua nomor tolak peluru putri terjadi kejutan. Unggulan utama Osa Fitri yang juga memperkuat Sumbar di PON Jawa Barat lalu harus mengakui keunggulan Devina Azalia. Osa Fitri harus merelakan medali emas kepada Devina Azalia.

Tolakan Devina Azalia 11,58 meter sedangkan jauh tolakan Osa Fitri yang di Porprov XIV ini memperkuat Kontingen Tanah Datar hanya 11,57 meter. Medali perunggu diraih Riri Hermiza asal Padang Pariaman dengan jauh tolakan 10,33 meter.

Satu nomor final lainnya kemarin yakni lari 5000 meter putri. Medali emas disabet pelari asal Kota Solok, Bayu Trianda Sari yang juga atlet langganan Sumbar di pentas nasional. Bayu finish pertama dengan catatan waktu 18 menit 56,48 detik. Peraih perak Yuni Rahmayani asal Tanah Datar dengan catatan waktu 20 menit 19,11 detik dan perunggu diboyong Hariken Marta asal Kabupaten Solok dengan waktu 21 menit 51,73 detik.

Sekum PASI Sumbar Arfan Rosyda didampingi Technical Delegate cabor atletik, Ridwan menerangkan hari pertama pertandingan atletik hanya empat memperebutkan medali. “Dikarenakan kondisi lintasan yang basah maka tadi perlombaan harus kita mundurkan dari jadwal semula. Baru bisa kita gelar pada siang harinya,” papar Arfan.

Hari kedua, Rabu (23/11) ini 10 final juga bakal diperlombakan yakni lari 800 meter putra dan putri, 200 meter putra-putri, 10.000 meter putri, tolak peluru putra, lompat tinggi putra, lompat jauh putri, lempar cakram putri dan 10.000 meter putra. Satu nomor lari 200 meter putra dan putri yang kemaren baru memainkan babak penyisihan. (dede/rahmat)