Hari Pertama, Perenang Padang dan Pasbar Berbagi Dua Emas

Perenang berpacu di kolom renang Stadion Teratai, Komplek GOR H. Agus Salim, Rabu (23/11).(rahmat zikri)
Perenang berpacu di kolom renang Stadion Teratai, Komplek GOR H. Agus Salim, Rabu (23/11).(rahmat zikri)

PADANG – Mantan perenang PON Sumbar Harizal menjadi perenang pertama yang menyabet medali emas dari cabor aquatiq yang dihelat, Rabu (23/11) di Stadion Teratai, Komplek GOR H. Agus Salim.

Berlomba di nomor 400 meter gaya bebas Harizal finish pertama dengan waktu 4 menit 32,69 detik sekaligus memastikan tambahan emas bagi Kontingen Padang. Medali perak direbut Fauzi Fannyla asal Bukittinggi yang mengukir waktu 4 menit 47,93 detik. Ronaldo Putra asal Padang Pariaman harus puas dengan raihan medali perunggu. Catatan waktu yang dibuat Ronaldo Putra 4 menit 50,03 detik.

“Alhamdulillah, di usia 26 tahun ini saya masih bisa merebut medali emas untuk Kontingen Padang,” ungkap Harizal usai merebut medali bergengsi tersebut kemarin.

Pada kategori putri di nomor 400 meter gaya bebas medali emas disabet perenang Emylie Princesty asal Pasaman Barat dengan catatan waktu 5 menit 17,72 detik. Medali perak direbut perenang Padang Pariaman, Gravelani Oraguchi dengan waktu 5 menit 42,22 detik dan medali perunggu diboyong perenang Wina Okta Viana asal Kabupaten Solok dengan waktu 6 menit 10,09 detik.

Kemudian, di nomor final 200 meter gaya ganti putra sabetan emas diboyong Rofindra Furqan asal Kabupaten Solok. Rofindra finish pertama dengan waktu 2 menit 17,89 detik. Medali perak dibawa Anggi Darma Putra asal Tanah datar dengan waktu 2 menit 36,36 detik dan perunggu diraih perenang tuan rumah, Padang, Cesar Dwi Nanda S dengan waktu 2 menit 38,65 detik.

Pada bagian putri di nomor yang sama medali emas disabet perenang Padang Pariaman, Mira Mustika dengan waktu 3 menit 01,45 detik, perak Paskarina asal Padang 3 menit 09,40 detik dan perunggu Siti Marhamah asal Limapuluh Kota dengan waktu 3 menit 12,81 detik.

Di nomor 100 meter gaya dada putra perenang Pasaman Barat, Alhberd Hendri sabet emas kedua bagi kontingennya di kolam renang itu. Perenang andalan Sumbar dipentas nasional itu membukukan waktu 1 menit 08,68 detik, perak diboyong Septian Tri Cahyo asal Kota Padang dengan waktu 1 menit 13,34 detik dan perak diboyong Cesar Dwi Nanda S asal Padang dengan waktu 1 menit 14, 43 detik.

Kategori putri di nomor yang sama emas diboyong perenang tuan rumah, Padang, Zocha Nathania Muslim dengan waktu 1 menit 23,49 detik, medali perak juga disabet perenang Padang, Intan Bunga Rahmadhan dengan waktu 1 menit 32,46 detik dan perunggu dibawa Yuliana asal Limapuluh Kota dengan waktu 1 menit 37,31 detik.

Hari pertama renang kemarin itu memperlombakan enam final putra-putri. Perenang Kontingen Padang dan Pasbar berbagi dua emas sedangkan dua emas lainnya di boyong perenang Padang Pariaman dan Kabupaten Solok. (dede/rahmat)