Hindari Darah Tinggi pascamakan Daging Kambing saat Idul Adha

PERNAH mengonsumsi sate kambing atau tongseng, lalu beberapa saat kemudian Anda mengalami darah tinggi? Menjelang Idul Adha akan ada banyak santapan lezat, terutama olahan daging kambing yang memanjakan lidah.

Perlu diketahui ternyata daging kambing memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi dibandingkan sapi. Hal ini dijelaskan oleh dr Dian Kusumadewi, M.Gizi, Ahli Gizi dari Divisi Kedokteran Keluarga Universitas Indonesia.

“Untuk penderita darah tinggi, kita perlu mengetahui kandungan natriumnya. Kalau pada kambing, natriumnya sekira 60 miligram per 100 gram daging kambing. Kalau daging sapi lebih besar lagi, sekira 90 miligram per 100 gram daging sapi,” jelas dr Dian kepada Okezone di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa saat lalu.

Meski ini terbilang kabar baik karena kandungan natrium pada kambing lebih rendah dibandingkan sapi, bukan berarti Anda terbebas dari jeratan tekanan darah tinggi. dr Dian tak menyarankan daging kambing atau sapi diolah dengan tongseng atau sate, apalagi bila ditambahkan bumbu penyedap dan garam. Hal ini akan menambah kadar natriumnya.

“Kalau kita sudah mengalami hipertensi, ada baiknya kita kurangi. Rempahnya saja yang diperbanyak, garamnya secukupnya saja,” pungkasnya. (aci)

agregasi okezone1