HMI: Pelapor SBY ke Bareskrim Ditengarai Pendukung Ahok

Lambang HMI (net)
Lambang HMI (net)

JAKARTA – Koordinator Kesatuan Aksi Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ahmad Doli Kurnia mengatakan, HMI tidak pernah melaporkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Mabes Polri dengan tudingan sebagai provokator demo 4 November 2016.

“Sekaligus juga membantah bahwa selain dari KAHMI dan PB HMI dan organ kesatuan Keluarga HMI ini tidak ada lagi yang bisa mengatasnamakan itu apalagi digiring kepada persoalan politik. Jadi ini enggak ada urusannya dengan Pak SBY. Tidak ada urusannnya dengan aktor politik yang di cari-cari,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Menurut Doli, PB HMI dan Korps Alumni HMI (KAHMI) yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Keluarga Besar HMI kini sedang melacak pihak yang mengatasnamakan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yamg melaporkan SBY ke Bareskrim.

Doli bahkan menyebutkan bahwa telah mengantongi informasi soal siapa pihak yang mengaku bagian dari Forum Alumni HMI itu. Hasilnya, lanjut Doli, Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi itu ternyata bagian dari kelompok pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Dan mengenai siapa itu yang mengaku atas nama lintas generasi itu kami sedang mencari. Informasi awal sudah kita dapatkan bahwa yang bersangkutan itu juga adalah bagian dari kelompok pendukung Ahok,” kata Doli.

“Tapi kita mau terus validasi sehingga sebetulnya ini adalah pemecah belahan HMI dan umat. Jadi itu dengan adanya organ ini hal-hal seperti itu bisa terbantahkan,” lanjut Doli.

Senada dengan Doli, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Pusat, Mulyadi P Tamsir mengungkapkan yang berhak mengambil sikap dan keputusan yakni kepengurusan yang dipimpin dirinya bersama Sekjen PB HMI Ami Jaya.

“Saya rasa yang punya hak secara institusi menggunakan nama HMI hanya PB HMI dengan saya Mulyadi Tamsir dan Ami Jaya sebagai Sekjen,” katanya.

Tak hanya itu saja, menurut Mulyadi tak ada organisasi alumni HMI yang diakui legalitasnya kecuali Korps Alumni HMI (KAHMI) yang dipimpin Mahfud MD dan MS Kaban “Di luar itu tidak ada elemen lain yang mengatasnamakan institusi baik PB HMI maupun korps alumni HMI secara bersama-sama dengan nama kesatuan aksi keluarga besar HMI,” tukas Mulyadi. (aci)

agregasi okezone1