IAIN Batusangkar Adakan Diskusi Panel


Pemred Harian Singgalang Khairul Jasmi menandatangani kerja sama media cetak dan elektronik. (bakhtiar danau)

BATUSANGKAR – Diskusi IAIN Batusangkar menyelenggarakan disukusi panel dengan Tema diskusi ‘ Islam dalam konstelasi media Nasional ‘, Rabu (29/11) di auditorium kampus setempat.

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Batusangkar Desmita mengatakan, IAIN Batusangkar ke depan akan berusaha menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) setelah alih status dari STAIN menjadi IAIN akhir 2015.

Keberhasilan itu merupakan perjuangan bersama dan bantuan para tokoh sehingga proses alih status terwujud. Dengan demikian diharapkan kepada mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Dakwah khusus mahasiswa jurusan jurnalistik dituntut menyampaikan informasi benar, amanah, memiliki kecerdasan dan dapat menyebarkan informasi tersebut.

Diskusi panel dipimpin moderator Irman tersebut, Dirjen Kementerian Komimfo Samuel Abrijani menjelaskan, di Indonesia pengguna internet tercatat 132 juta jiwa lebih. Angka itu meningkat di 2014 masih sekitar 100 juta pengguna, dengan pengguna  internet  65 persen di Jawa dan di Sumatera 20 juta jiwa. Nilai belanja pengguna internet untuk pulsa saja sekitar Rp100 triliun per tahun.

Sementara,Pemimpin Redaksi Harian Singgalang Khairul Jasmi memaparkan tentang media sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan RI, termasuk tokoh-tokoh pers asal Minang namanya abadi sampai saat ini.KJ juga menyebutkan tentang aspek eksisnya suatu media di tengah-tengah masyarakat dan kontens dari suatau media tersebut.

Diskusi panel yang dihadiri ratusan mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Dakwah serta undangan memperoleh pemaparan materi hangat dari Dirjen Bisnis Kementerian Komimfo RI Samuel Abrijani, Direktur TVRI Sumbar Arif Suriansyah. (bakhtiar)

Loading...
BAGIKAN