Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » INDARUNG VI SEGERA DIBANGUN: Seribu Tenaga Kerja Diserap

INDARUNG VI SEGERA DIBANGUN: Seribu Tenaga Kerja Diserap

(106 Views) May 10, 2012 7:34 am | Published by | No comment

Padang, Singgalang
Setelah pendakian melelahkan, akhirnya lahan bahan baku PT Semen Padang seluas 412 hektare, selesai. Perseroan itu segera membangun Pabrik Indarung VI, dengan pekerja proyek 2.000 orang. Setelah selesai, akan dipekerjakan 1.000 orang profesional.
Menurut catatan Singgalang, pabrik ini investasinya Rp3,2 triliun, terbesar setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Jika pejabat sibuk mencari investor sampai ke ujung langit, tak tahunya ada di Indarung. Proyek ini secara telak mengingatkan pejabat pemerintah, tak usah jauh-jauh mencari investor, sebab di rumah sendiri juga ada. Belum lagi pengusaha sawit seperti Incasi Raya/Famili Raya, yang asetnya telah lama melampaui aset PT Semen Padang. Jika pemerintah, pandai, maka investor lokal akan membangun banyak hal di kampung sendiri.

Sedang disiapkan
Direktur Utama PT Semen Padang, Munadi Arifin didampingi Direktur Litbang dan Operasional, Agus Boeing Nurbianto kepada Singgalang, Rabu (9/5), mengucapkan terima kasih yang tulus pada Gubernur Irwan Prayitno dan Wako Padang Fauzi Bahar serta DPRD Sumbar, DPRD Padang serta berbagai komponen atas tuntasnya masalah lahan 412 hektare.
Menurut dia, pembangunan Indarung VI, tinggal ketok palu pemegang saham. Pihaknya kini sedang mempersiapkan segala sesuatunya. Rencana investasi Rp3,2 triliun (sebelum IDC/interest during construction). Pembiayaan 30 persen dana sendiri, sisanya dari skema pendanaan yang sedang dibicarakan dengan Semen Gresik Grup.

“Lama pembangunan sekitar 3 tahun,” kata Agus.
Kerja fisik proyek, akan melibatkan kontraktor nasional dan lokal. “Tentu saja yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan,” katanya.
Tenaga kerja yang akan terlibat dalam pembangunan pabrik pada masa-masa puncaknya sekitar 2.000 orang. “Ini jelas akan berimbas secara luas pada sektor lapangan kerja, sektor perumahan, makanan, transportasi, serta sektor lainnya,” kata dia.

Tenaga kerja
Jika pabrik beroperasi, maka tenaga kerja yang akan dipakai mencapai 1.000 orang. Mereka akan direkrut secara profesional memakai lembaga terpercaya.
Estimasi Singgalang, pelamar akan mencapai setidaknya 100 ribu orang dari Sumbar dari dari berbagai daerah di Indonesia. Namun Agus belum bisa memastikan, kapan pengumuman lowongan akan disampaikan.
Mereka yang diterima berijazah S1, D3 dan SLTA. Penerimaan juga dilakukan untuk proyek-proyek lainnya di seputar lingkungan Semen Padang.
nan karajom2 juta
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Sofyan, yang dikontak kemarin menyatakan, jumlah tenaga kerja Sumbar yang belum bekerja saat ini sekitar 142 ribu orang, (6,09 persen). Sementara yang sudah bekerja sekitar dua juta orang.
“Lapangan kerja sekarang, sangat sulit di Sumbar, kalau memang Semen Padang akan membangun Indarung VI itu sesuatu yang luar biasa,” kata dia. Sofyan memberi gambaran sejak 2010 pihaknya hanya mampu menurunkan angka pengangguran 2 persen saja. “Itu karena lapangan kerja yang sulit,” katanya.
Sebenarnya tenaga terampil bisa dikirim ke Malaysia, tapi animo dari Sumbar menurun drastis. “Tak tahu kenapa, mungkin karena beriota-berita jelek selama ini,” kata dia. Padahal Sumbar tak pernah mengirim tenaga kerja rumah tangga, melainkan pekerja kilang saja.
“Sampai April ini, baru 150 orang yang diberangkatkan ke Malaysia, karena itu, Semen Padang merupakan sebuah solusi,” kata dia. Jumlah TKI Sumbar di negeri jiran itu, sekitar 48 ribu orang. (003/401/404)

Categorised in:

No comment for INDARUNG VI SEGERA DIBANGUN: Seribu Tenaga Kerja Diserap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>