Indonesia Kecam Serangan Teror di Barcelona

Polisi Spanyol berjaga-jaga di sejumlah titik pasca serangan terorisdi Barcelona. (voa)
Polisi Spanyol berjaga-jaga di sejumlah titik pasca serangan teroris di Barcelona. (voa)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengeluarkan kecamannya terhadap serangan teror yang terjadi di Barcelona, Spanyol. Serangan dengan mobil van itu menewaskan setidaknya 13 orang dengan 100 orang lainnnya menderita luka.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam dan solidaritas kepada korban dan keluarga korban akibat aksi teror tersebut,” tulis Kementerian Luar Negeri RI melalui pernyataannya yang diterima wartawan pada Jumat (18/8/2017).

Selain Indonesia, Amerika Serikat juga mengutuk serangan teror di Barcelona itu. Presiden Donald Trump melalui akun Twitter-nya menyampaikan kecamannya dan menyatakan akan berusaha melakukan apapun guna membantu Spanyol menghadapi ancaman teror.

Selain sang Presiden Amerika Serikat, Ibu Negara Melania Trump juga memberikan belasungkawanya untuk Barcelona. Korea Heral mewartakan pihak Gedung Putih mengklaim, Trump terus diberi perkembangan informasi di Barcelona oleh kepala stafnya, John Kelly.

Korea Herald mewartakan, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, juga telah menyampaikan belasungkawanya sesaat setelah serangan teror itu terjadi. Tillerson mengatakan, insiden di Barcelona memiliki ciri yang serupa dengan serangan teroris lainnya.

Tillerson menuturkan bahwa para Diplomat Amerika Serikat di Spanyol saat ini terus membantu warga Negeri Paman Sam yang tingga di sana. Ia menegaskan, Amerika Serikat tidak akan pernah lelah untuk mencari para terduga teroris dan menahan mereka demi mempertanggungjawabkan tindakan mereka. (aci)

 

agregasi okezone1