Ingin Cepat Langsing, Sering Berendam Air Hangat  Selama 30 Menit

Ilustrasi (Foto: Express)
Ilustrasi (Foto: Express)

BANYAK anggapan bahwa penurunan berat badan mustahil untuk terjadi apabila tidak dibarengi dengan mengatur pola makan dan berolahraga. Anggapan itu memang benar adanya.

Tapi tahukah Anda, ternyata ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk agar proses penurunan berat bedan berjalan lebih cepat. Cara ini bahkan mungkin tanpa sadar sering Anda lakukan.

Dilansir dari Express, Jumat (10/8/2017), cara cepat untuk menurunkan berat badan selain latihan dan pola makan berhubungan dengan suhu tubuh. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, mandi air panas setelah berolahraga ternyata mempercepat proses penurunan berat badan.

Berendam di air panas setelah berolahraga membuat tubuh berkeringat lebih banyak dan melepaskan panas di dalam tubuh. Sederhananya, semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat, semakin banyak lemak yang bisa dikeluarkan dari tubuh.

Merendam tubuh di air panas juga dianggap lebih efektif dibandingkan berolahraga di luar ruangan saat cuaca sedang panas. Selain membuat berat badan lebih cepat turun, berendam di air panas juga lebih nyaman dan bisa merilekskan tubuh. Dengan begitu pikiran menjadi lebih tenang.

Aklimasi panas juga bukan hanya membantu proses penurunan berat badan, tapi meningkatkan performa tubuh dan mendorong seseorang untuk berlatih lebih keras di pusat kebugaran. Studi penelitian baru-baru ini menemukan fakta pelari yang berendam di air panas memiliki waktu 6,5% lebih cepat ketika berlari.

Berendam di dalam air panas juga mencegah seseorang terkena heat stroke. Untuk mendapatkan manfaat ini, peneliti menyarankan untuk berendam dalam suhu paling tidak 40 derajat Celsius selama 30 menit setelah berolahraga.

Mandi air panas atau berendam di dalamnya membawa manfaat kesehatan jangka panjang. Cara ini terbukti memperbaiki kesehatan kardiovaskular karena memperluas volume plasma darah, meningkatkan kekuatan otot rangka, dan suhu inti tubuh yang lebih rendah.

Selain mandi air panas, masih ada cara lain untuk mempercepat proses penurunan berat badan dan peningkatkan performa ketika berolahraga. Ada tiga gerakan kunci yang bisa dilakukan yaitu memasukkan latihan kekuatan majemuk, banyak mekakukan gerakan yang melatih massa otot, dan meningkatkan jumlah kalori pembakaran. (aci)

agregasi okezone1