Ini Buah Sumber Antioksidan untuk Lawan Penyakit Kronis

Blueberry. (*)
Blueberry. (*)

SAAT ini banyak penyakit kronis akibat lingkungan dan faktor gaya hidup seseorang. Tahukah Anda, salah satu pencegahannya yakni dilakukan dengan mengonsumsi makanan sumber antioksidan.

Tapi mungkin Anda bingung dengan apa saja jenis makanan tersebut. Makanan ini penting untuk menangkal radikal bebas yang memicu banyak penyakit.

Para ahli menyebutkan, hampir semua buah dan sayuran mengandung sumber antioksidan. Karena itu, jangan lupa mengonsumsinya setiap hari.

Tubuh secara alami menghasilkan oksidan untuk mempertahankan diri terhadap bakteri dan virus. Namun, jika oksidan diproduksi dalam jumlah besar, dapat melukai sel yang membuat penyakit tidak muncul. Penyakit tersebut didominasi oleh penyakit jantung dan kanker.

Anda harus melawannya dengan mengonsumsi sumber makanan yang bernutrisi. Dilansir Boldsky, Kamis (7/9/2017), ada 7 jenis makanan sumber antioksidan yang wajib Anda konsumsi setiap hari. Berikut ulasannya yang wajib dibaca, lalu diterapkan setiap hari.

Blueberry

Buah ini kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Seseorang yang makan blueberry rutin dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan otak, kanker, kolesterol tinggi, serta penyakit yang bersifat penuaan.

Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavanol dan polifenol, yang baik untuk melindungi jantung Anda. Studi menunjukkan 70% kakao sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi Anda harus mengontrol makan coklat ini karena kalorinya tinggi.

Anggur

Antioksidan yang ada pada buah anggur dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Buah ini juga memiliki efek anti-penuaan. Makanlah segenggam buah anggur dalam sehari. Khasiatnya tak hanya untuk mengencangkan kulit, tapi juga melawan banyak penyakit.

Kismis

Kismis adalah buah kering yang menjadi sumber antioksidan dengan anthocyanin yang membantu dalam meningkatkan energi. Anda dapat menjadikan kismis sebagai topping makan roti gandum atau segelas smoothies Anda di pagu hari.

Brokoli

Antioksidan seperti karotenoid, lutein, zeaxanthin dan betakaroten hadir dalam brokoli. Fungsinya membantu melawan kanker. Karena itu, konsumsi brokoli dikukus dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan loh.

Tomat

Tomat mengandung tiga jenis antioksidan penting, yakni lycopene, vitamin C dan vitamin A. Dari jumlah tersebut, vitamin C adalah antioksidan terpenting yang membantu dalam meningkatkan kesehatan. Konsumsi tomat yang dimasak akan lebih baik membantu penyerapan nutrisi yang tepat.

Kacang kenari

Kenari sangat sehat karena mengandung sejumlah besar antioksidan polifenol. Camilan ini juga bebas kolesterol dan rendah sodium. Anda harus mengonsumsinya setiap hari agar mendapatkan manfaat yang baik. (aci)

agregasi okezone1