Ini Dia Jalur Alternatif Mudik yang Disiapkan Dishub Agam

 

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

LUBUK BASUNG – Dinas Perhubungan Agam telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk dapat dilalui kendaraan atau angkutan pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2017. Jalur alternatif tersebut untuk mengatasi terjadinya kemacetan.

“Untuk jalur alternatif mudik ada beberapa ruas yang disiapkan jika terjadi kemacetan, dan pengendara bisa mengunakan jalan alternatif tersebut jika tidak perlu masuk kota,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Budi Prawira Negera kepada Singgalang, Sabtu (17/6).

Jalur Alternatif itu yakni, jalan alternatif Bukittingi-Padang (Via Malalak), jalan Maninjau-Padangpanjang (Via Sungai Tanang, Sungai Landai), jalan Padang-Maninjau (Via Sungai Landai, Sungai Tanang), jalan Padang-Payakumbuh (Via Sungai Pua, Lasi, dan Candung).

Lalu, jalan Payakumbuh-Batusangkar (Via Sungai Sariak Koto Tinggi Baso), jalan Medan-Payakumbuh-Pakanbaru (Via Gadut, Tilatang Kamang, Tanjung Alam, Biaro dan Candung), jalan Maninjau-Bukittingi (Via Panta).

Kemudian, jalan Bukittingi-Pasaman (Via Matur, Palembayan, Padang Koto Gadang), jalan Pasaman-Bukittingi (Via Padang Koto Gadang, Palembayan, Matur) dan Matur-Bukittingi (Via Sitingkai Palupuh)

Dishub telah memperbaiki dan sudah memasang seluruh rambu jalan yang akan diprediksi untuk arus mudik maupun arus wisata. Jadi titik-titik jalur menuju objek wisata maupun bagi pemudik sudah selesai dipasang.

“Selain patroli arus kendaraan personel, juga memantau kinerja rambu dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). Jadi secara umum fasilitas maupun sarana dan prasarana lalu lintas serta personil dalam kondisi siap,” pungkas Budi Perwira Negara. (maswir)