Ini yang Dicari Maskapai Penerbangan dari Calon Pramugari

Ilustrasi ( shutterstock)
Ilustrasi ( shutterstock)

ADA banyak hal penting yang harus dimiliki seorang pramugari atau pramugara selain daripada melayani makanan dan minuman pada penumpang. Ada banyak aspek lain yang perlu dimiliki oleh pelayan penumpang di pesawat.

Disimpulkan dari forum Quora, yang dilansir dari Thisisinsider, Kamis (3/11), berikut adalah beberapa hal yang dicari kebanyakan perusahaan penerbangan dari calon pramugari.

Harus mampu menjaga penumpang aman

Menurut Marisa Garcia, seorang penulis industri penerbangan yang telah bekerja di industri ini selama lebih dari 20 tahun, prioritas universal yang pertama adalah memastikan bahwa awak kabin dapat melakukan tugas utama mereka sebagai personel keamanan.

Para pramugari terpilih akan dilatih untuk bisa melakukan penyelamatan jiwa, bagaimana menangani penerbangan dalam keadaan darurat medis, kecelakaan penerbangan, dan bagaimana mengevakuasi penumpang dari pesawat terbang dengan benar.

Penampilan fisik masih memainkan peran besar

Seorang pengguna anonim Quora yang mengaku telah menjadi pramugari selama dua tahun terakhir mengatakan bahwa meski penerbangan Amerika tidak terang-terangan memfokuskan rekrutmen pada faktor fisik seperti di negara lain, faktor penampilan masih menjadi hal yang diperhitungkan.

Pengguna yang mengakui tingkat daya tarik fisik empat dari 10, mengatakan bahwa beberapa gelar sarjananya serta pengalamannya di bidang layanan pelanggan dan manajerial, tidak membuatnya diterima di beberapa posisi pekerjaan sama yang sebelumnya ia daftar.

Kemampuan membawa diri diperhitungkan

Nuralia Mazlan, pengguna Quora yang telah menjadi pramugari untuk dua maskapai besar, mengatakan bahwa dia pernah mendengar alasan perusahaan penerbangan merekrutnya. Salah satunya adalah kemampuannya membawa diri.

“Tanpa sepengetahuan saya, perekrut memerhatikan bagaimana kita membawa diri kita dari saat masuk ruang wawancara dan setelahnya. Bahkan, mereka bertanya pada orang-orang yang terlibat pada tes pengukuran fisik tentang pembawaan diri calon pramugari,” kata Mazlan.

Beberapa atribut lainnya

Selain hal spesifik yang tercantum di atas, Garcia mengatakan ada beberapa kualitas umum lainnya yang dicari perusahaan penerbangan dari kepribadian pramugari. Kualitas lainnya tersebut seperti kecerdasan, kesabaran, berpengetahuan luas, kemampuan untuk menjadi ramah namun tegas, dan ketahanan. (aci)

agregasi okezone1