Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Utama » Inilah Formasi 624 CPNS Sumbar

Inilah Formasi 624 CPNS Sumbar

(523 Views) September 12, 2013 7:43 am | Published by | No comment

DI ATAS 8.000 PELAMAR TAK DIPROSES

PADANG – Singgalang Formasi CPNS 2013 didominasi peluang untuk guru. Jumlah yang bakal diterima 624 orang. Khusus untuk Pemprov, lamaran yang diproses sampai 8.000 berkas, selebihnya tak diproses.

Sementara Solok Selatan belum bisa mengumumkan, karena formasi yang diberi banyak tidak sesuai dengan kebutuhan daerah. “Daerah kita daerah tambang, kita perlu administrasi keuangan, jadi kita belum bisa laksanakan Kamis ini. Tunggu dua tiga hari ke depan,” kata Bupati Muzni Zakaria yang sedang di Jakarta, Rabu (11/9).
Proses penerimaan di seluruh daerah berlangsung mulai hari ini sampai menjelang akhir September. Pemerintah menyatakan, menjamin penerimaan jujur dan transparan.
Di Pasaman, meski kebutuhan tinggi, yang tersedia hanya 40 lowongan, semuanya guru (rincian lihat tabel). Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Zulfahmi, penerimaan CPNS akan berlangsung transparan.
Penerimaan tersebut, tak lebih dari pengisian formasi CPNSD 2013, sesuai dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI nomor. R/211.F/M.PAN -RB/08/2016 tanggal 30 Agustus 2013, perihal persetujuan rincian reformasi CPNS dae

rah untuk pelamar umum serta surat bupati nomor. 188.45/840/BUP-Pas/2013.
Kesempatan pelamar umum untuk mendaftar sebagai CPNS itu terbuka lebar sejak 12 hingga 17 September 2013. Sedangkan kelengkapan administarsi pelamar dikirim via pos. Pendaftaran dilakukan dengan sistem online melalui situs penerimaan CPNS (hhtp://sscn. bkn.go.id) dan untuk pelamar yang memenuhi syarat administrasi serta lokasi ujian dapat dilihat pada website Pasaman, (http://www.pasamankab.go.id).
Pemprov
Khusus di Pemprov Sumbar hanya menyediakan anggaran untuk sebanyak 8.000 ribu peserta tes kompetensi dasar. Dengan demikian, lamaran yang diproses hanya lamaran yang 8.000 pertama.
“Iya kita hanya mengalokasikan anggaran untuk sebanyak 8.000 peserta. Jika lebih dari itu kita tidak sanggup melaksanakan lagi,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman pada Singgalang kemaren.
Pelamar 8.000 peserta itu akan ditentukan berdasarkan waktu melakukan pendaftaran online, yakni bagi pelamar yang lebih dulu mendaftar dan memenuhi syarat. Meski lebih dahulu mendaftar tapi tidak memenuhi syarat, otomatis akan gugur. Selain itu jika pelamar memenuhi syarat sudah mencapai 8.000 peserta, maka peserta dengan nomor di belakang itu tidak diproses lagi.
Selesai seleksi administrasi pelamar akan diberikan status. Status akan diberikan setelah selesai jadwal pemeriksaan berkas lamaran melalui website pendaftaran nasional: website BKN (www.sscn.bkn.go.id) dan website Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (www. sumbarprov.go.id).
Bagi yang lulus administrasi statusnya Memenuhi Syarat (MS) sedang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sedangkan pengumuman akhir lulus pelamar CPNS Pemprov Sumbar akan disampaikan melalui website: www.sumbarprov.go.id dan media massa lainnya.
Dharmasraya
Untuk Dharmasraya, 50 orang formasi jalur umum dibuka lowongan dengan pengumuman persyaratan penerimaan dilakukan hari ini, Kamis (12/9). (lihat tabel)
“Kita umumkan melalui media cetak agar informasi ini terbuka bagi semua masyarakat,” sebut Kepala BKD Dharmasraya, A. Joni Zubir kepada Singgalang.
Persyaratan pelamar CPNS S1 atau Akta IV, dengan melengkapi semua persyaratan. Pendaftaran bisa lewat online pada 16 September hingga 26 September, pukul OO.OO WIB. Jadwal memasukkan kelengkapan berkas langung ke BKD, dengan rentang waktu 16 – 26 September pada jam kerja.
“Silahkan bagi masyarakat yang berminat melakukan pelamaran sesuai dengan persyaratan,” papar Joni Zubir lagi.
Sawahlunto
Formasi PNS umum di Sawahlunto tahun ini hanya berlaku untuk guru sebanyak 50 orang, terdiri dari 37 orang guru kelas, 11 orang guru SDLB dan 2 orang guru produktif. Pernyataan itu disampaikan Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) Andy Rastika Rabu (11/9).
Menurut Andy pihaknya sebelumnya telah mengusulkan sebanyak 60 orang formasi pelamar umum, namun tidak disetujui pusat. Ternyata hanya formasi guru yang dikabulkan.
Bagi para CPNS yang memenuhi persyaratan, nantinya akan mengikuti tahapan seleksi, tes kompetensi dasar menggunakan Computer Asisted Test (CAT). Pelamar yang lulus tes kompetensi dasar akan mengikuti tes wawancara dan dan tes keterampilan.
Padang Panjang
Kepala BKD Padang Panjang, Asrul menyebutkan, pemko penerimaan CPNS kali ini memperoleh formasi 50 orang. Formasi itu meliputi tenaga kesehatan 19, guru BK 5 dan tenaga teknis 26.
“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, formasi 50 ini awalnya hanya untuk guru. Mengingat kita sudah kelebihan guru (kecuali guru BK), maka kita mengajukan perubahan formasi kepada Kemen PAN,” jelasnya.
Perubahan formasi itu, lanjut Asrul, tidak diusulkan begitu saja, melainkan melalui sebuah analisa yang mendalam. “Formasi yang kita usulkan itu memang sangat dibutuhkan. Siapapun nanti yang lulus, pekerjaan sudah menanti mereka,” ucapnya.
Banjir pelamar
Diperkirakan pelamar akan membludak, paling tidak mencapai 30 ribu lebih tiap daerah. Selain daerah yang bisa menerima CPNS sedikit, juga dipengaruhi oleh moratorium penerimaan CPNS. “Kita pastikan pelamar akan membludak, karena formasi sedikit, kita juga sudah dua tahun tidak menerima CPNS. Untuk itu pelamar kita batasi,” sebutnya.
(201/520/215/216/401/205/534/536/205)

Formasi CPNS untuk Kabupaten/Kota
di Sumatera Barat

Pasaman 40
SD 33
SMK 7
Rincian SMK :
l Elektrik/Elektronika 2
l Teknik Otomotif 1
l Pertanian 1
l Teknologi Informatika 3
Dibuka 12 hingga 17 September

Dharmasraya 50
l Guru Kelas 35
l Akuntansi 1
l Teknik Otomotif 1
l Perhotelan 1
l Tata Boga 1
l Teknik Pengelasan 1
l Teknik Instalasi tenaga listrik 2
l Teknik Gambar bangunan 2
l Teknik Audio/video 1
l Fisika 2
Dibuka 16 hingga 26 September

Sawahlunto 50
l Guru Kelas 37
l Guru SDLB 11
l Guru Produktif 2
Registrasi 12 hingga 17 September
Penerimaan berkas 14 sampai 26 September

Padang Panjang 50
l Guru BK 5
l Tenaga Kesehatan 19
l Tenaga Teknis 26

Kepulauan Mentawai 141

Solok Selatan 100
Formasi belum jelas
dan sedang diurus ke Jakarta

Categorised in:

No comment for Inilah Formasi 624 CPNS Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>