Investasi Ratusan Triliun Akan Masuk Solok Selatan

Ilustrasi. (*)

PADANG – Upaya Pemprov Sumbar untuk mendatangkan investor mulai menampakan hasil. Investasi Ratusan Triliun akan segera masuk ke Sumbar, tepatnya di Kabupaten Solok Selatan.

Investasi tersebut tersebut melibatkan banyak perusahaan asing. Tahap awal sepuluh utusan perusahaan bertemu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Istana Gubernur Sumbar, Jumat (15/12).

Pertemuan tersebut dikoordinir oleh direktur PT Kamiko Sigintir Tambang Selatan, Solok Selatan Kardiman sebagai perusahaan father lokal. Kamiko adalah perusahaan lokal yang bekerjasama dengan perusahaan asing.

Sepuluh perusahaan besar yang akan berinvestasi pada energi baru terbarukan berupa tenaga pembangkit di Solok Selatan tepatnya Dusun Tangah, Sangir Batanghari, Sangir Jujuan, dan Sangir Balai Jenggo. Perusahaan tersebut utusan dari beberapa negara diantaranya Hongkong, Cina, dan Australia.

Direktur PT Kamiko Sigintir Tambang Selatan Solok Selatan Kardiman dihadapan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, komitmen investasi telah berjalan selama dua tahun dengan melengkapi syarat-syarat Investasi.

“Kami sudah dua tahun membahas ini di Singapura dan Malaysia, saat ini tinggal studi kelayakan dan review teknis dari kami sebagai syarat Investasi,” katanya, Jumat (15/12/2017) di Istana Gubernur Sumbar.

Irwan Prayitno usai menerima utusan perusahaan yang akan berinvestasi mengatakan, potensi alam Sumbar memang harus “dijual” daripada terbuang percuma dan tidak menghasilkan apa-apa. Investasi merupakan angin segar bagi perekonomian sekaligus pemasukan bagi daerah.

Menurutnya, perjalanan keluar negeri sudah mulai menampakkan hasil positif dengan ketertarikan beberapa investor. Untuk itu ia berharap jangan ada lagi pandangan miring mengapa dirinya keluar negeri. (yose)