Istri Irman Gusman Minta Proses Praperadilan Berjalan Adil

KPK tak hadir pada sidang perdana praperadilan Irman Gusman. (okezone)
KPK tak hadir pada sidang perdana praperadilan Irman Gusman. (okezone)

JAKARTA – Istri mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman meminta proses sidang praperadilan yang diajukan oleh suaminya berjalan seadil mungkin dan menghormati Hak Asasi Manusia (HAM).

“Saya minta prosesnya seadil mungkin dan hormati hak asasi manusia. Saya hanya inginkan keadilan, transparansi, dan kejujuran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Liestyana Rizal Gusman seusai menghadiri sidang perdana praperadilan Irman Gusman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Sementara itu, terkait kondisi Irman Gusman di tahanan, ia menyatakan banyak hal yang tidak sesuai dengan Hak Asasi Manusia.

“Saya minta hargai lah hak Pak irman sebagai warga negara,” ucap Liestyana. KPK sendiri sebagai pihak termohon tidak hadir dalam sidang perdana praperadilan yang diajukan Irman Gusman.

Menurut Hakim Tunggal I Wayan Karya, KPK menyampaikan permintaan penundaan sidang karena KPK butuh untuk menyiapkan administrasi, bukti, saksi, dan ahli.

Selain itu, kata I Wayan, alasan penundaan yang disampaikan karena KPK sedang menyiapkan sidang praperadilan lainnya dan ada dinas di luar kota.

I Wayan Karya memutuskan menunda sidang praperadilan yang diajukan mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman hingga Selasa (25/10) pekan depan. (aci)

agregasi okezone1