Jaksa Farizal Diduga Tidak Bekerja Sendiri

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Basaria Panjaitan, memastikan akan terus mengembangkan kasus dugaan suap yang melibatkan oknum jaksa di Kejati Sumbar, Farizal.

Sebelumnya ada dugaan, Farizal tidak bekerja sendiri. Ada aktor intelektual di belakang Farizal. Menyangkut hal ini, Basaria yang dihubungi Singgalang, menyebut jika pihaknya masih menunggu hasil pengembangan penyidik.

“Nanti kita lihat dari hasil pengembangan penyidik,” kata Basaria, Kamis (22/9) pagi. Sehari sebelumnya, selama beberapa jam, penyidik KPK mencecar jaksa Farizal dengan sederet pertanyaan.

Farizal yang menurut Ketua KPK Agus Rahardjo menjadi tersangka suap oleh Xevariandy Sutanto dan Memi, suami istri yang juga pelaku penyuapan terhadap Ketua DPD RI Irman Gusman.

Jaksa Farizal, kuat diduga menerima uang suap untuk mengurusi perkara pidana Tanto dan Memi, terkait kepemilikan 30 ton gula yang bersidang di PN Padang.

Dalam persoalan ini, diduga Farizal tidak bekerja sendiri. Sumber Singgalang di lingkaran KPK menyebut, selain Farizal, diduga ada nama aktor intelektual.

Jika benar Farizal tidak lebih dari peluncur, maka pion perkara ini diduga ada yang menyetirnya. (Bayu)