Jufri Raih Gelar Doktor

Jufri meraih gelar doktor. (yuni)
Jufri meraih gelar doktor. (yuni)

PADANG – Jufri, salah seorang wartawan senior di Sumatera Barat berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dalam sidang terbuka program doktor di Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) yang berlangsung, Kamis (14/7). Atas keberhasilan itu, dia berhak menyandang gelar doktor di depan namanya.

Pria yang sehari-hari juga dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP itu mengangkat judul “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Aktivitas Bermain di Sekolah Dasar”. Dari penelitian yang dilakukan Jufri, model pembelajaran ini mampu meningkatkan minat siswa mempelajari bahasa internasional.

Hal ini tergambar dari hasil belajar peserta didik tersebut yang cukup tinggi bila dibandingkan menerapkan model pembelajaran konvensional.

Jufri melakukan penelitian di empat SD di Padang dan Solok. Dari penelitian di sekolah-sekolah itu, tergambar distribusi nilai posttest siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) rata-rata diatas 70.

Tim pembahas disertasi suami dari Anidarlis itu adalah Prof. Dr. Jalius Jama, Prof. Rusdi Thaib, dan Prof. Dr. Oktavianus dari Universitas Andalas Padang. Selain itu hadir komisi promotor, yaitu Prof. Dr.Mukhaiyar, Prof. A. Muri Yusuf dan Prof Dr. Gusril, serta Direktur Pascasarjana, Prof. Nurhizrah Gistituati, Asister Direktur I, Prof. Azwar Ananda dan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNP,   Prof. Z. Mawardi Effendi. Wakil Rektor III, Prof. Syahrial Bakhtiar dan Wakil Rektor IV, Dr. Ardipal, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar  juga hadir. Bahkan Bupati Kerinci, Dr. Adi Rozal juga ikut menghadir sidang yang berlangsung di lantai lima gedung pascasarjana. (yuni)